visitaaponce.com

Survei LSI terkait Pilgub Jateng, Kaesang Ungguli Ahmad Luthfi

Survei LSI terkait Pilgub Jateng, Kaesang Ungguli Ahmad Luthfi
Kapolda Jateng Irjen Akhmad Luthfi.(MI/Supardji Rasban)

PUTRA bungsu Presiden Joko Widodo sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menempati posisi teratas pilihan responden warga Jawa Tengah atas sigi yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) jelang Pilkada Jawa Tengah 2024. Berdasarkan sigi yang digelar 21-26 Juni itu, nama Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi membayangi Kaesang.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkap 15,9% dari 1.200 responden memilih Kaesang sebagai sosok yang pantas menjadi Gubernur Jawa Tengah ketika disodorkan simulasi semi terbuka 21 nama kandidat. Di bawah Kaesang, ada Luthfi yang memperoleh dukungan 12,9%.

"Yang sementara unggul nama Kaesang Pangarep, disusul oleh Ahmad Luthfi," kata Djayadi dalam rilis temuan survei Pilkada di Daerah Kunci: Siapa Unggul di Jawa Tengah? yang digelar Minggu (30/6).

Baca juga : Calon Gubernur Jawa Tengah belum Ada yang Kuat, Raffi Ahmad?

Selain dua nama tersebut, ada pula sosok politikus Partai Gerindra Abdul Wachid (7,8%); pesohor Raffi Ahmad (6,8%); politikus PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (5,8%), mantan asisten pribadi Prabowo Subianto, Sudaryono (4,7%); dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengan Barang/Jasa Pemerintah Hendrar Prihadi (4,7%).

"Ini menunjukkan bahwa pertarungan tampaknya masih sangat terbuka. Belum ada yang bisa disimpulkan unggul apalagi disebut dominan. Jarak antara Kaesang Pangarep dan Ahmad Luthfi juga dekat, cuma berbeda 2%-3% saja," terang Djayadi.

Saat disodorkan pertanyaan simulasi semi terbuka tersebut, Djayadi mengatakan 19,5% responden menjawab tidak tahu maupun tidak menjawab. Di sisi lain, alasan terbesar responden dalam memilih kandidat adalah belum mengetahui nama atau calon lain, yakni sebesar 16,1%. Sedangkan sebanyak 9,5% responden memilih calon karena berasal dari keluarga tokoh politik/masyarakat.

Baca juga : Empat Parpol Dukung Petahana di Pilkada Temanggung

Sigi yang dilakukan LSI tersebut menunjukkan bahwa faktor Jokowi masih memengaruhi pilihan responden terhadap Kaesang. Itu terlihat dari 31,6% responden yang memilih kandidat karena berasal dari keluarga tokoh politik/masyarakat cenderung memilih Kaesang. Sedangkan 23,2% dari alasan responden memilih berdasarkan sosok yang tegas/berwibawa lebih memilih Luthfi.

Berdasarkan simulasi enam kandidat, Kaesang kembali unggul dengan 25,6% disusul Luthfi (16,1%), Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018-2023 Taj Yasin Maimoen (13,4%), Bambang Pacul (9,7%), Abdul Wachid (6,2%), dan Sudaryono (6%). Adapun sisanya, 22,9%, mejawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Di sisi lain, Luthfi unggul dengan 24,2% dalam simulai empat kandidat tanpa memasukkan nama Kaesang. "Jadi kalau ada nama Kaesang, Ahmad Luthfi bertarsaing ketat dengan Kaesang. Kalau tidak ada Kaesang, Ahmad Luthfi cenderung unggul," ujar Djayadi.

Sementara itu, jika Luthfi dipasangkan dengan Kaesang sebagai calon gubernur-wakil gubernur Jawa Tengah, pasangan tersebut dipilih 41,2% responden. Ini jauh mengungguli pasangan Sudaryono-Taj Yasin Maimoen (21,1%) dan Bambang Pacul-M Yusuf Chudlori (14%). (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat