visitaaponce.com

Calon Gubernur Jawa Tengah belum Ada yang Kuat, Raffi Ahmad

Calon Gubernur Jawa Tengah belum Ada yang Kuat, Raffi Ahmad?
Artis Raffi Ahmad tiba di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (26/9/2023).(MI/ADAM DWI)

NAMA pesohor Raffi Ahmad menjadi salah satu tokoh yang dipertimbangkan warga Jawa Tengah untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024. Berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), ada 0,4% responden yang bakal memilih Raffi sebagai gubernur jika Pilgub dilakukan saat ini.

Torehan itu menempatkan Raffi di urutan ke-12 berdasarkan pertanyaan soal sosok yang paling diinginkan alias top of mind calon gubernur Jawa Tengah. Adapun Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi menduduki peringkat teratas dengan 5,2% disusul putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dengan 2,5% di urutan kedua.

Nama-nama lain yang mengisi deretan top of mind warga Jawa Tengah ialah Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono; politikus PDI Perjuangan Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul; Bupati Kendal Dico Ganinduto; Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018-2023 Taj Yasin Maimoen.

Baca juga : Empat Parpol Dukung Petahana di Pilkada Temanggung

Kendati demikian, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan bahwa torehan angka pada top of mind responden masih berselisih tipis. Alih-alih, jumlah responden yang tidak menjawab ataupun menjawab tidak tahu maupun rahasia mencapai 78,7%.

"Kesimpulannya, kalau lihat top of mind, belum ada satu pun calon yang punya basis yang kuat di Pilkada 2024. Kalau lihat top of mind ini, Pilkada Jawa Tengah tampaknya masih sangat terbuka," ujar Djayadi dalam rilis temuan survei Pilkada di Daerah Kunci: Siapa Unggul di Jawa Tengah? yang digelar Minggu (30/6).

Nama Raffi kembali muncul saat responden disodorkan simulasi semi terbuka dengan 21 nama kandidat. Raffi menduduki peringkat empat dengan 6,8% suara berada di bawah Kaesang (15,9%), Luthfi (12,9%), dan politikus Partai Gerindra Abdul Wachid (7,8%). Namun, Djayadi juga mengatakan responden yang tidak menjawab atau menjawab tidak tahu masih terbilang besar, yakni 19,5%.

LSI menggelar survei tersebut dalam rentang waktu 21-26 Juni 2024. Sebanyak 1.200 responden terlibat dalam survei itu dengan dengan margin of error kurang lebih 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%. Wawancara responden dilakukan lewat sambungan telepon. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat