visitaaponce.com

Inilah 6 Cara Tepat untuk Mencegah Kanker Serviks

Inilah 6 Cara Tepat untuk Mencegah Kanker Serviks
Cara tepat mencegah kanker seviks(Freepik)

KANKER serviks, atau kanker leher rahim, merupakan salah satu tantangan kesehatan serius bagi wanita di seluruh dunia. Seringkali, pada tahap awal penyakit ini tidak menunjukkan gejala, sehingga penanganannya menjadi lebih sulit. 

Menurut data tahun 2021, Indonesia menempati peringkat kedua setelah kanker payudara dalam jumlah kasus kanker serviks, dengan mencapai 36.633 kasus atau 17,2% dari seluruh kasus kanker pada wanita. Angka kematian akibat kanker serviks juga tinggi, mencapai 21.003 kematian atau 19,1% dari total kematian akibat kanker.

Seorang dokter spesialis ginekologi dari RS Pondok Indah Fitriyadi Kusuma menyoroti beberapa langkah penting untuk mencegah kanker serviks:

Baca juga : Kanker Serviks Dominasi Proporsi Kasus Kanker di Indonesia

1. Pemeriksaan Rutin dengan Pap Smear

Tes Pap smear atau tes HPV adalah cara yang sangat efektif untuk mendeteksi perubahan sel-sel serviks yang bisa menjadi kanker. Wanita disarankan menjalani Pap smear secara teratur, terutama setelah mencapai usia tertentu atau setelah memulai aktivitas seksual.

2. Vaksinasi HPV

Human Papillomavirus (HPV) adalah penyebab kanker serviks. Vaksin HPV terbukti efektif dalam melindungi wanita dari infeksi HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks. Vaksinasi ini biasanya direkomendasikan untuk remaja perempuan sebelum aktif secara seksual.

3. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya meningkatkan risiko kanker serviks, tetapi juga berbagai masalah kesehatan lainnya. Berhenti merokok adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan reproduksi dan mencegah kanker.

Baca juga : Risiko Kanker Ovarium masih Ada meski Rahim Diangkat

4. Penggunaan Kondom

Menggunakan kondom saat berhubungan seksual dapat mengurangi risiko penularan HPV dan infeksi menular seksual lainnya. Ini merupakan langkah penting dalam praktik seks yang aman dan mencegah kanker serviks.

5. Gaya Hidup Sehat

Menerapkan pola makan sehat, berolahraga rutin, dan menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko terkena kanker serviks dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Kurangi Jumlah pasangan 

Meminimalkan jumlah pasangan seksual dapat mengurangi risiko paparan terhadap HPV, virus yang menyebabkan kanker serviks. Setiap pasangan baru meningkatkan kemungkinan terinfeksi HPV, sehingga dengan membatasi jumlah pasangan, kita juga mengurangi risiko terkena kanker serviks.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, wanita dapat mengambil tindakan proaktif dalam menjaga kesehatan reproduksi mereka dan mengurangi risiko terkena kanker serviks. Tindakan preventif ini tidak hanya penting untuk kesehatan individu, tetapi juga kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, edukasi dan kesadaran tentang pencegahan kanker serviks sangat penting untuk ditingkatkan di semua lapisan masyarakat. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat