visitaaponce.com

Manfaat Luar Biasa Apel untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Manfaat Luar Biasa Apel untuk Kesehatan dan Kesejahteraan
Apel adalah buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, dan memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa. (Freepik)

PERNAH dengar pribahasa 'satu apel per hari menjauhkan kita dari dokter?'. Mungkin pribahasa ini tidak salah. 

Apel yang berasal dari pohon apel (Malus domestica) menjadi buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Varietas dari buah ini cukup beragam, mulai dari warna, bentuk, dan rasanya. 

Rasa apel yang sebagian besar manis dengan daging yang renyah menjadi alasan orang mengonsumsinya. 

Baca juga : Yuk Ketahui 10 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

Di balik semua itu, banyak kandungan gizi yang dimiliki.

Kandungan Gizi Apel

Meskipun ada berbagai jenis dan varian rasa, kandungan gizi dalam apel secara umum tetap konsisten. Dalam satu buah apel berukuran 182 gram, terdapat:

  • Air: 156 gram.
  • Kalori: 94,6 kilokalori.
  • Karbohidrat: 25,1 gram.
  • Serat: 4,37 gram.
  • Total gula: 18,9 gram.
  • Kalsium: 10,9 miligram.
  • Magnesium: 9,1 miligram.
  • Fosfor: 20 miligram.
  • Kalium: 195 miligram.
  • Vitamin C: 8,37 miligram.
  • Folat (Vitamin B9): 5,46 mikrogram.
  • Beta karoten: 49,1 mikrogram.

Apel termasuk makanan yang sangat sehat dan hampir tidak mengandung lemak. Di samping itu apel juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, serat, air, serta vitamin A, E, D, K, B1, B2, B3, B6, dan mineral seperti seng, tembaga, zat besi, natrium, kolin, lutein, zeaxanthin, dan asam ursolat.

Baca juga : 5 Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Apel

Mengingat kekayaan nutrisi yang terdapat dalam satu buah apel, tidak mengherankan jika buah ini memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Kandungan nutrisi ini sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan seseorang dan anak. 

Berikut adalah beberapa manfaat penting dari buah apel

1. Memelihara Kesehatan Mulut

Pernahkah Anda menyadari bahwa ketika Anda mengunyah apel, ada proses menarik yang terjadi di mulut? Ternyata, menggigit apel membantu membersihkan gigi. Selain itu, rasa manis dalam apel juga merangsang produksi air liur, menjaga mulut tetap lembab. Ini membantu melawan bakteri dalam mulut, mencegah infeksi.

Baca juga : 5 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

2. Meningkatkan Pencernaan

Apel juga bermanfaat bagi sistem pencernaan. Kandungan seratnya membantu kinerja usus besar, mencegah sembelit dan diare. Serat juga meningkatkan penyerapan nutrisi dalam lambung dan usus.

3. Mendukung Pengaturan Berat Badan

Kandungan karbohidrat dan gula dalam apel memberikan rasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks dalam apel memiliki indeks glikemik rendah, mencegah rasa lapar lebih lama. Oleh karena itu, apel cocok untuk pelaku diet yang ingin menjaga berat badan.

4. Mengendalikan Kolesterol

Selain manfaat untuk pencernaan, serat dalam apel juga membantu mengontrol kolesterol. Serat dalam apel menurunkan penyerapan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Dengan menjaga kadar kolesterol, risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke dapat dicegah.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Apel juga bermanfaat untuk kinerja otak. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel secara rutin dapat mencegah demensia atau penurunan daya ingat. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dalam apel, yang membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Senyawa fenolik dalam apel juga membantu mencegah kerusakan sel otak.

Dengan banyaknya kandungan dan manfaat itu, yuks makan apel. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat