visitaaponce.com

Yuk Ketahui 10 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

Yuk Ketahui 10 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan
Warga bercocok tanam sayuran selada dengan menggunakan sistem hidroponik di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (17/3/2016).(ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

SELADA air, sejenis sayuran yang termasuk dalam famili yang sama dengan kangkung, kubis, dan kubis Brussel, memiliki ciri khas warna hijau gelap dan tumbuh subur di sekitar mata air alami.

Tak hanya populer sebagai bahan untuk hidangan yang segar dan lezat, selada air juga dikenal akan kandungan nutrisinya yang tinggi. Kekhasan rasanya yang menyegarkan bukan hanya membuatnya diminati dalam masakan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan.

Lantas, apa saja manfaat selada air untuk kesehatan tubuh? Yuk kita simak penjelasan di Bawah ini.Namun sebelum membahasanya lebih jauh,perlu juga nih kita ketahui kandungan gizi daun selada air.

Baca juga : Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, bisa Mencegah Penuaan Dini

Kandungan Daun Selada Air

Daun selada air juga mengandung sejumlah zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia (Panganku), setiap 100 gram (gr) daun selada air mengandung sekitar 17 kkal kalori serta berbagai zat gizi, termasuk:

  • 93,3 gr air,
  • 2,2, gr karbohidrat, 
  • 3,1 gr protein, 
  • 0,7 gr serat, 
  • 2,4 mg zat besi,
  • 260 mg kalium,
  • 1230 mcg beta karoten, dan
  • 56 mg vitamin C.

Selain itu, selada air kaya akan antioksidan yang dikenal dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker.

Daun selada air, atau lebih dikenal sebagai watercress dalam bahasa Inggris, memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah 10 manfaat yang umum diketahui:

  1. Kaya akan nutrisi. Daun selada air mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  2. Mendukung kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dalam daun selada air dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  3. Menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam daun selada air dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. 
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dalam daun selada air dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.
  5. Menjaga kesehatan tulang. Kandungan vitamin K, kalsium, dan magnesium dalam daun selada air dapat mendukung kesehatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.
  6. Mengurangi peradangan. Daun selada air mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
  7. Menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam daun selada air penting untuk kesehatan mata, membantu menjaga penglihatan dan mencegah masalah mata seperti rabun.
  8. Membantu Menurunkan berat badan. Daun selada air rendah kalori dan mengandung serat, sehingga dapat membantu dalam program penurunan berat badan dengan memberikan rasa kenyang lebih lama.
  9. Meningkatkan fungsi otak. Nutrisi dalam daun selada air, seperti vitamin K dan antioksidan, dapat mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif.
  10. Mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daun selada air dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker, terutama kanker payudara, prostat, dan paru-paru.

Meskipun daun selada air memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat