visitaaponce.com

Jenis Foundation Makin Banyak, Mana yang Tepat untuk Anda

Jenis Foundation Makin Banyak, Mana yang Tepat untuk Anda?
Foundation merupakan salah satu alat rias yang penting untuk mendapatkan tampilan flawless.(Unsplash/ Edz Norton)

SEPERTI juga peralatan rias lainnya, seperti perona bibir dan mata, jenis alas bedak (foundation) kini juga semakin beragam. Jika foundation cair (liquid), padat (cream), dan tabur (powder) sudah dikenal lama, beberapa jenis yang baru adalah serum foundation.

 

Kemudian ada pula water-based foundation yang kini banyak dikeluarkan merek tata rias. Foundation jenis ini dikatakan terasa ringan.

Baca juga : Bikin Bangga, Tiga Siswa Sukoharjo Raih Beasiswa Luar Negeri

 

Lalu manakah foundation yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda? Dilansir Reader's Digest, berikut beberapa kiat untuk memilih foundation yang benar:

 

Baca juga : Tutorial Makeup Flawless yang Simple dan Mudah untuk Pemula, Bisa Tampil Cantik Seharian

1. Formula Kental

Foundation yang kental memang cenderung lebih dapat menutupi tektur kulit yang kurang halus ataupun warna kulit yang tidak rata. Meski begitu tektur yang kental juga berarti dapat lebih menyumbat pori-pori. Sebab itu jika Anda menggunakan foundation ini maka harus membersihkan wajah dengan seksama. Pastikan wajah Anda benar-benar bersih sebelum tidur.

 

Baca juga : 7 Cara Makeup Flawless untuk Pemula, Dijamin Cantik Natural Seharian

2. Foundation Serum

Salah satu yang direkomendasikan oleh pakar ialah foundation serum. "Saya lebih suka foundation seperti serum yang menambah hidrasi pada kulit," kata Shikha Arya, seorang penata rias yang berbasis di Atlanta, seperti dilansir dari situs Reader's Digest.

 

Baca juga : 7 Tips agar Makeup Kamu Bisa Tahan Lama, Disimak Ya!

Tak hanya itu, Arya menambahkan, foundation serum cenderung lebih ringan dan memberikan hasil aplikasi yang lebih halus pada kulit. Foundation serum juga memiliki kandungan tambahan yang berfungsi sebagai skincare. Misalnya membantu melembapkan kulit dan mengandung sun protection factor (SPF) untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

 

Selain itu, alas bedak adalah salah satu produk riasan yang harus kamu coba sebelum membelinya. Oleh sebab itu, cobalah produk sebelum membeli dan lihat hasil aplikasinya pada kulit wajah kamu.

 

 

Memilih Warna

 

Selain itu, melansir dari situs merek produk kecantikan Tanah Air, Wardah, apabila salah memilih warna foundation, bisa membuat hasil makeup kamu kelihatan belang. Berikut kiat memilih warna foundation:

 

 

1. Kenali Undertone Kulit

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengetahui undertone kulit kamu. Undertone merupakan warna dasar kulit yang tidak akan berubah. Undertone ada tiga macam mulai dari warm (hangat), neutral (netral), dan cool (dingin).

 

Kamu bisa melihat jenis undertone kulit kamu dengan mengamati urat nadi di pergelangan tangan. Kalau warna urat nadi cenderung kehijauan, artinya undertone warm. Jika terlihat warna biru atau cenderung keunguan, kamu punya cool undertone. Jika warna urat nadi ada di antara keduanya, maka undertone kamu neutral.

 

2. Aplikasikan di Rahang, Leher, dan Bahu

Hindari mencoba foundation di tangan. Warna kulit di bagian tangan sangat berbeda dengan warna kulit wajah. Sebagai gantinya, coba aplikasikan foundation di rahang, leher, atau bahu. Pilih warna foundation yang satu tingkat lebih cerah dari warna kulit kamu. Satu tingkat lebih cerah sudah cukup untuk membuat penampilan kamu lebih cerah tanpa terlihat aneh karena terlalu beda dengan warna leher.

 

3. Perhatikan Jenis Kulit

Selain undertone, untuk mendapatkan warna foundation yang tepat kamu juga harus memperhatikan jenis kulit wajah kamu. Untuk kamu yang punya kulit berminyak (oily), sebaiknya hindari foundation yang memberi hasil akhir berefek mengkilap (dewy).

 

Foundation berefek dewy akan membuat wajah kamu semakin tampak berminyak. Sebab itu foundation jenus tersebut lebih cocok untuk wajah kering karena akan memberi efek kulit lebih sehat, terhidrasi, dan kenyal. Sebaliknya, untuk kulit berminyak pilihan tipe foundation matte.

 

4. Tingkat Coverage

Kiat memilih warna foundation berikutnya adalah melihat tingkat intensitas atau coverage. Jika kamu ingin hasil makeup flawless tetapi tetap sesuai dengan warna kulit, pilih foundation dengan coverage medium to high. Foundation tipe ini mampu mengoreksi kekurangan pada wajah seperti flek hitam dan warna kulit yang tidak rata dengan baik. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat