visitaaponce.com

Hindari Karies, Ajak Anak Rajin Sikat Gigi

Hindari Karies,  Ajak Anak Rajin Sikat Gigi
Ilustrasi(Freepik.com)

PENYAKIT karies masih menjadi penyakit gigi yang menghantui usia anak-anak. Bahkan masih ada rampan karies, yakni kondisi gigi berlubang yang merata di semua gigi. Pengurus Wilayah DKI Jakarta Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) drg Yeni Yuliani mengatakan masalah gigi pada anak secara global ialah karies.

"Karies masih menjadi masalah utama untuk anak-anak. Secara global juga sebetulnya masih karies," terang Yeni beberapa waktu lalu.

Lanjut Yeni, makanan manis, minuman manis, dan soda ialah beberapa contoh makanan yang bisa merusak email gigi.

Baca juga : Moms, Jaga Kesehatan Rongga Mulut untuk Cegah Karies dan Radang Gusi

"Khususnya pada gigi susu, usahakan setelah mereka mengonsumsi makanan tersebut diajarkan minimal untuk kumur-kumur atau sikat gigi," katanya.

Karies bisa menimbulkan beberapa dampak atau masalah kepada anak seperti masalah saat mereka makan dan pertumbuhan gigi susu ke gigi dewasa. Salah satu faktor yang membuat gigi anak-anak rapuh bersumber kepada kebiasaan menyikat gigi yang masih kurang.

"Karies bisa menimbulkan sakit saat anak-anak mengunyah makanan. Jadi, masalah nutrisi juga penting untuk anak-anak. Lalu untuk pertumbuhan giginya. Jadi, kalau gigi susunya rusak lebih awal, nanti gigi dewasanya tidak ada porosnya sehingga akan berantakan tumbuhnya," terang Yeni.

Menurutnya, salah satu faktor yang membuat gigi anak-anak rapuh ialah kebiasaan menyikat gigi yang masih kurang.

"Di sekolah, di usaha kesehatan gigi anak sekolah (UKGS)-nya kami bekerja sama. Kita bekerja sama dengan dokter gigi supaya nanti anak-anaknya sudah terbiasa sikat gigi mereka. Dewasanya juga akan terbiasa. Anak-anak dipantau agar mereka terbiasa akan butuh waktu selama tiga minggu pagi dan malamnya sehingga jadi kebiasaan dan jadi bekal," ucapnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat