visitaaponce.com

Langkah Praktis Mengolah Mandu Beku Jadi Camilan Lezat

Langkah Praktis Mengolah Mandu Beku Jadi Camilan Lezat
Chef Anez menunjukkan cara pengolahan mandu di acara Korean Fair, Jakarta, Selasa (18/6/2024).(Dok. MI)

BUNDA, keluarga di rumah suka makanan Korea? Tentu sudah tak asing lagi dengan mandu ya. Salah satu jenis dumpling khas ‘Negeri Ginseng’ ini cocok dijadikan camilan untuk keluarga. Untuk menikmatinya, Bunda tak perlu repot-repot membuat sendiri. Sebab, banyak produk mandu beku di jual di pasaran. Yang perlu Bunda lakukan ialah mengolahnya dengan tepat, agar hidangan mandu bisa tersaji cepat dengan rasa lezat.

Bagaimana caranya? Berikut penjelasan Chef Anez, koki dari CJ Foods, pada sesi cooking demo pembukaan pameran Korean Fair di Mal Puri Indah, Jakarta Barat, Selasa (18/6/2024).

Tidak Perlu Proses Defrost

Mandu beku dari freezer langsung bisa dimasak tanpa harus melalui proses defrost/pencairan. Asal teknik memasaknya benar, mandu bisa bisa tersaji sempurna, matang merata baik kulit maupun isinya.

Baca juga : Olahan Daging Sapi, Resep Bakso Enak dengan Kuah Segar

Goreng dan Kukus Sekaligus

Bagaimana teknik mengolahnya? Pertama, panaskan sedikit minyak di wajan hingga sedikit berasap. Masukkan mandu beku, goreng tanpa dibalik hingga bagian dasarnya berwarna kecoklatan. Lalu, masukkan air sedikit demi sedikit hingga tinggi permukaan air sekitar seperempat dari tinggi mandu. Tutup wajan, uap dari air akan mematangkan permukaan mandu. Lanjutkan memasak hingga air habis. Kemudian, buka tutup wajan, tambahkan sedikit minyak, goreng mandu hingga warnanya kecoklatan.

“Dengan teknik ini, akan didapat mandu yang matang sempurna di semua sisinya, warnanya golden brown, rasanya gurih dengan aroma smoky yang menggugah selera,” terang Chef Anez.

Padukan dengan Saus atau Sambal

Mandu yang sudah dimasak bisa dimakan begitu saja, tapi rasanya akan lebih maksimal jika dilengkapi saus cabai/tomat, bahkan sambal. Salah satu jenis sambal yang bisa dipadukan dengan mandu adalah sambal matah. “Bagi penyuka camilan pedas, perpaduan dengan sambal matah ini bisa jadi alternatif,” imbuh Chef Anez.

Baca juga : D'Festa Pameran K-Pop Terbesar di Indonesia di Buka Hari Ini: Memberikan Pengalaman yang Seru

Mandu beku yang diolah Chef Anez di acara tersebut merupakan salah satu produk makanan asal Korea yang ditampilkan di Korean Fair. Pameran ini diadakan Hero Supermarket pada 17–23 Juni 2024 di Mal Puri Indah, Jakarta. Kegiatan ini didukung oleh Korea Agro–Trade Center, Government Agency of The Republic of Korea.

“Kami menyadari budaya Korea telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, baik melalui musik, drama, maupun kulinernya. Oleh karena itu, kami menghadirkan lebih dari 1.000 produk makanan dan minuman Korea dari 120 merek ternama seperti Samyang, Nongshim, Binggrae, dan Lotte Pepero,” ujar Direktur Hero Supermarket, Hendy.

Pada kesempatan sama, Direktur aT Jakarta Seung Hoon Lee mengungkapkan, melalui acara itu pihaknya ingin memperkenalkan beragam makanan dan minuman Korea yang halal dan masih jarang dikenal di Indonesia. “Tidak hanya itu, di pameran ini juga memperkenalkan budaya serta kebiasaan-kebiasaan yang populer dilakukan oleh orang Korea,” katanya.

Selain pameran makanan dan minuman, Korean Fair juga menyelenggarakan berbagai aktivitas menarik seperti mukbang, cooking demo, cooking class, kids Korean dessert class, dan penampilan tari tradisional Korea. (B-1) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eni Kartinah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat