visitaaponce.com

Jels, Ini Dia 6 Tips Merawat Kendaraan untuk Kamu yang Super Sibuk

Jels, Ini Dia 6 Tips Merawat Kendaraan untuk Kamu yang Super Sibuk
Tips merawat kendaraan(Freepik)

CANTIK, bagi kamu pemilik kendaraan yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memeriksa atau merawat kendaraan mereka secara rutin, ada beberapa cara agar kendaraan tetap dalam kondisi prima saat digunakan.

Daihatsu memberikan enam tips perawatan aman bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk merawat kendaraan secara langsung.

1. Periksa Air Radiator

Meskipun sibuk, pemilik kendaraan sebaiknya meluangkan sedikit waktu untuk memeriksa kondisi air radiator. Kegiatan ini tidak memakan banyak waktu namun sangat penting untuk menghindari masalah overheat.

Baca juga : Tips Merawat Motor Listrik agar Tetap Awet, Simak Caranya

“Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant resmi Daihatsu. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat,” tulis Daihatsu.

2. Periksa Oli Mesin

Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli. Kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

3. Periksa Kondisi Air Wiper

Penggunaan air wiper saat menjalankan fungsi wiper sangat penting agar dapat menjaga visibilitas pengendara dan tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper dalam kondisi terisi penuh, yang dapat dilihat dari tangki air wiper.

Baca juga : 5 Tips Berkendara Aman dan Nyaman saat Liburan

4. Periksa Minyak Power Steering

Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, lakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum pada tangki penampungan minyak power steering.

“Sebelum mematikan mesin, pastikan roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering sesuai spesifikasi yang direkomendasikan,” lanjut Daihatsu.

5. Periksa Kondisi Minyak Rem

Untuk kinerja pengereman optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi terdekat.

6. Periksa Kondisi Aki

Khusus pengguna aki basah, isilah air aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal. Pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, pemilik kendaraan yang super sibuk tetap dapat memastikan kendaraan mereka dalam kondisi yang baik dan siap digunakan kapan saja. (Ant/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat