visitaaponce.com

Membludak Peziarah, Lalu Lintas Sekitar TPU Pondok Ranggon Macet Parah

Membludak Peziarah, Lalu Lintas Sekitar TPU Pondok Ranggon Macet Parah
Warga berdoa di makam keluarga saat ziarah kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta.(ANTARA/Yulius Satria Wijaya )

ARUS lalu lintas menuju Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon macet parah Minggu, 27 Maret 2022. Penyebabnya adalah, banyak peziarah datang ke TPU Pondok Ranggon untuk mengunjungi makam sanak keluarga.

Berdasarkan pantauan, kondisi lalu lintas sekitar TPU macet akibat area parkir tak mampu menampung kendaraan peziarah.

Baca juga: Anies: Aktivitas Jual Beli pada Ramadan Ini Lebih Ramai

Selain itu, tak adanya anggota Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan petugas Dinas Perhubungan dari Jakarta Timur yang mengatur lalu lintas. Akibatnya warga yang tidak punya kerja memanfaatkan kesempatan itu. Warga beralih jadi pengatur jalan dadakan di tempat itu.

Faktor lainnya adalah kondisi jalan menuju TPU yang memiliki lebar jalan terbatas dengan dua lajur berlawanan juga memperparah situasi lalu lintas. Belum lagi sebagian badan jalan digunakan para penjual bunga tabur untuk berjualan di trotoar.

Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Jalan Raya Munjul, Jalan Raya Kranggan (Kota Bekasi), Jalan Alternatif Harjamukti dan Jalan Raya Jambore (Kota Depok) 

menuju ke TPU Pondok Ranggon sangat padat hingga kendaraan roda dua dan empat menjadi tersendat.

Di pertigaan Saun, terlihat antrean panjang hingga ke pintu masuk TPU. Hal yang sama juga terlihat dari arah sebaliknya. 

Rokilah, warga Warakas, Tanjung Priok, yang ingin berziarah ke TPU Pondok Ranggon bersama anaknya mengeluh tak dapat memarkirkan mobilnya akibat padatnya kendaraan mobil yang lebih dulu mengisi area parkir di dalam TPU. " Mau ziarah capeknya minta ampun, " ucapnya, usai ia dan anaknya berziarah tadi pagi (27/3/2022).

Ia berharap agar pihak Kepolisian, Satpol PP, dan pihak Dinas Perhubungan Jakarta Timur turun ke lapangan melancarkan arus lalu lintas di lokasi menuju TPU Pondok Ranggon. " Jangan malah warga yang ikut-ikutan atur lalu lintas lah, " terangnya.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) TPU Pondok Ranggon, Marton Sinaga mengatakan pemandangan seperti ini sebenarnya terjadi setiap menjelang bulan suci Ramadan. Masyarakat datang ke TPU untuk mengunjungi makam sanak keluarga di tempat itu.

"Kemacetan sebelum memasuki bulan puasa memang sering terjadi saat peziarah menuju TPU Pondok Ranggon dari tahun ke tahun, " katanya (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat