visitaaponce.com

Jakarta E-Prix 2022 Penonton Terpukau Sensasi Jet Darat Listrik

Jakarta E-Prix 2022: Penonton Terpukau Sensasi Jet Darat Listrik
Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta.(ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

GELARAN Jakarta E-Prix 2022 akhirnya rampung dan mampu menampilkan gelaran balap mobil listrik pertama di Indonesia yang memukau dan menjadi tontonan yang sengit.

Puluhan ribu tiket yang ludes pun menandakan animo besar masyarakat untuk menyemarakkan ajang-ajang level dunia dan menjadi bagian di dalamnya.

Muhammad Rum, 42, yang datang dari Bandung merasakan kebanggaan Indonesia bisa kembali menggelar event internasional. Terlebih, balapan jet darat listrik Formula E ini merupakan tergolong baru.

"Kita mau jadi bagian dari sejarah. Kita semangat karena ini kita bisa gelar kejuaraan dunia lagi setelah Moto-GP. Kita jadi catatan sejarah karena kita nonton ini pertama kali (di Indonesia) jadi kita terlibat langsung," ujarnya.

Menyaksikan geberan mobil listrik tanpa hingar bingar raung mesin pada balapan konvensional juga dirasakan menjadi sensasi tersendiri.

Dari aksi 22 pembalap di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, itu para penonton seakan di bawa ke masa depan mendengar desis dari powertrain bertenaga listrik.

Baca juga: Mitch Evans Juarai Jakarta E-Prix

"Keren dan memang berbeda sedikit tapi sama saja. Jauh lebih halus suaranya karena listrik tapi tetap happy dan feel-nya tetap dapat. Ini akan jadi balapan masa depan karena nanti mobil listrik akan dikembangkan terus," imbuh Muhammad Rum yang menonton bersama dua keponakannya.

Shinta, 26, dari Jakarta juga menilai ajang Formula E itu tidak sekadar balapan biasa dan mempromosikan nilai keberlanjutan lingkungan dengan kampanye penggunaan transportasi umum.

Pasalnya, panitia memang tidak menyediakan parkir kendaraan pribadi di Ancol dan menyediakan bus-bus shuttle di Jakarta International Expo (JIExpo) dan Jakarta International Stadium (JIS) untuk menuju kawasan sirkuit.

"Lebih lancar dan cepat sampai ke tempatnya karena memang sudah steril (kendaraan pribadi) areanya," ucapnya.

Di sekitar sirkuit, penyelenggara juga mengampanyekan pemilahan sampah dan memfasilitasi air minum gratis dengan sejumlah titik hydration station. Penonton bisa mengisi botol yang dibawa atau memakai gelas terbuat dari tanaman jagung. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat