visitaaponce.com

PAM Jaya Targetkan 226.500 Rumah Dapat Air Bersih

PAM Jaya Targetkan 226.500 Rumah Dapat Air Bersih
groundbreaking ceremony atas pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran III(MI/Farhan Zhuhri)

PERUSAHAAN Umum Daerah (Perumda) PAM Jaya melakukan groundbreaking ceremony atas pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran III, di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (12/4).

Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin menjelaskan, IPA Buaran III memiliki kapasitas 3000 liter per detik (lpd) yang akan melayani 226.500 sambungan rumah. Rencananya, IPA tersebut akan mulai beroperasi pada Maret 2025.

Adapun rencana cakupan wilayah pelayanannya yaitu meliputi Kecamatan Kramat Jati, Kecamatan Makasar, Kecamatan Cipayung, Kecamatan Ciracas, Kecamatan Pasar Rebo dan sebagian Kecamatan Jatinegara.

Baca juga : PAM Jaya Lakukan Penyesuaian Tarif Pelanggan di Jakarta Utara

Arief melanjutkan, pembangunan IPA Buaran III ini merupakan hasil kerja sama bundling antara PAM JAYA dan PT Moya Indonesia pertanggal 14 Oktober 2022.

Skema bundling yaitu skema pembiayaan investasi dengan memperhitungkan optimalisasi aset eksisting.

Baca juga : PAM JAYA Optimis Penuhi Target Sambungan Baru Cukup Besar Setiap Tahun

Sebagaimana hal ini sesuai dengan Nota Kesepakatan No. 1/2022 antara Kemendagri, Kementerian PUPR & Pemprov DKI Jakarta tentang Sinergi dan Dukungan Penyelenggaraan SPAM, dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 7/2022 tentang Penugasan ke PAM Jaya mempercepat peningkatan SPAM.

"Konkritnya untuk pembiayaan investasi penyediaan aset baru, PT Moya Indonesia akan membangun IPA Buaran III dan membiayai jaringan distribusi untuk mendukung SPAM Jatiluhur-Hulu, SPAM Karian Serpong dan IPA Buaran III," ujarnya.

Arief melanjutkan, PAM Jaya menargetkan 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan pada 2030. Salah satu cara mencapainya yaitu dengan mengembangkan SPAM.

“PAM Jaya akan menghadirkan kedaulatan air di DKI Jakarta. Sebagai bagian dari negara, tentu saja kami berkomitmen untuk terus berorientasi pada pelayanan dan bukan bisnis semata,” ucap Arief.

Sementara itu, Kepala Badan Pembina (BP) BUMD DKI Jakarta Nasruddin Djoko Surjono mengatakan bahwa perlu terobosan, inovasi dan kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan kedaulatan air di Jakarta.

"Kedaulatan air adalah mimpi kita semua. Sebab akses air perpipaan merupakan upaya menyukseskan Jakarta sebagai kota global," pungkasnya.

Adapun, dalam acara groundbreaking tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono serta Ketua dan Anggota Panitia Khusus (Pansus) Air Minum DPRD DKI Jakarta. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat