visitaaponce.com

LRT Jakarta Bakal Diteruskan Ke Manggarai, DPRD Subdisi Bisa Berkurang

LRT Jakarta Bakal Diteruskan Ke Manggarai, DPRD: Subdisi Bisa Berkurang
Rangkaian LRT Jakarta(MI/Adam Dwi)

ANGGOTA Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mendukung penuh kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang melanjutkan rute LRT Jakarta 1A Pegangsaan 2-Velodrome hingga ke Manggarai untuk rute 1B.

Gilbert mengatakan, dengan perpanjangan rute tersebut, jumlah penumpang LRT akan bertambah. Sebab, rute tersebut akan mengakomodir LRT Jakarta berintegrasi berbagai moda seperti KRL Jabodetabek, TransJakarta, dan KA bandara.

Dengan bertambahnya jumlah penumpang, Pemprov DKI diharapkan nantinya dapat menghemat anggaran subsidi atau 'public service obligations' (PSO) untuk LRT Jakarta.

Baca juga : Setelah Pluit, PSI Dorong Pemprov DKI Bongkar Bangunan yang Tutupi Saluran Air

"Iya, karena dikejar untuk PSN (Program Strategis Nasional), dan kita bangun untuk bebaskan dari subsidi berlebihan (maka) harus disambungkan sampai ke Manggarai, sambung dengan KRL dengan TJ," ujar Gilbert, saat dihubungi, Minggu (28/5).

Gilbert mengatakan, saat ini subsidi yang dikeluarkan Pemprov DKI untuk LRT Jakarta sangat besar yakni mencapai Rp360 ribu per orang. 

Baca juga : Kemayoran Jadi Lokasi Perayaan Waisak Umat Budha di Jakarta

Tarif LRT Jakarta saat ini adalah Rp5 ribu per orang. Dengan demikian, jika rata-rata penumpang harian LRT Jakarta adalah 3 ribu orang, Pemprov DKI mengeluarkan dana subsidi hingga Rp30 miliar per bulan.

Gilbert pun akan mendukung upaya Pemprov DKI untuk mengusulkan penambahan alokasi Penyertaan Modal Daerah (PMD) untuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang ditugaskan untuk membangun LRT Jakarta.

Diketahui, tahun ini Pemprov DKI sudah mengesahkan pemberian PMD senilai Rp900 miliar kepada Jakpro untuk membangun LRT Jakarta hingga ke Manggarai. Rencananya tahun ini, Pemprov DKI akan mengusulkan penambahan alokasi PMD senilai Rp1,2 triliun guna mempercepat pembangunan kereta ringan itu.

"Iya, memang harus ditambah. Saya pikir itu memang perlu," ujar politikus PDIP itu. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat