visitaaponce.com

Diprotes Penumpang, TransJakarta Tambah Perjalanan Rute L13E Puri Beta-Kuningan

Diprotes Penumpang, TransJakarta Tambah Perjalanan Rute L13E Puri Beta-Kuningan
Warga menunggu kedatangan bus Transjakarta di Halte Transjakarta Kuningan Barat, Jakarta.(ANTARA/Aprillio Akbar)

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menambah frekuensi perjalanan armada bus rute L13E Puri Beta - Kuningan yang sebelumnya mengalami perubahan rute per 29 Mei 2023.

“Penambahan frekuensi perjalanan rute L13E dilakukan agar bus akan cepat kembali ke Puri Beta sehingga meminimalisir antrian pelanggan yang menunggu,” ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri dalam keterangan resmi, Rabu (31/5).

Sebelumnya, rute L13E adalah rute perubahan dari rute 13E Puri Beta-Halimun yang melewati Halte Patra Kuningan hingga ke Halte Setiabudi Utara dan berlanjut hingga Halte Halimun.

Baca juga: Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya Kerjasama Pastikan Sterilisasi Jalur TransJakarta

Rute L13E Puri Beta - Kuningan tidak melalui Halte Patra kuningan tetapi melewati Halte Kementerian Kesehatan, GOR Sumantri, Karet Kuningan, Kuningan Madya, Setiabudi Utara, Laturhahari, hingga Halimun.

Rute ini kembali diubah pada 29 Mei 2023, yakni diperpendek hanya sampai Kuningan Barat dengan alasan agar bus bisa secepatnya kembali ke Puri Beta untuk mengangkut penumpang.

Di sisi lain, Apri menjelaskan penumpang dari Puri Beta yang turun di Halte Kuningan Barat selepas menggunakan rute L13E bisa menyeberang ke Halte Kuningan timur untuk dapat menggunakan Koridor 6 dengan rute Ragunan - Dukuh Atas 2, rute 6A Ragunan - M.H Thamrin via Kuningan, dan rute 6M Blok M - St. Manggarai yang akan menuju ke kawasan Rasuna Said.

Baca juga: AP II Usul TransJakarta bisa Masuk Bandara Soekarno-Hatta

Sebelumnya, saat perpendekan rute L13E ini diumumkan pada 29 Mei lalu, warganet pengguna TransJakarta ramai-ramai memprotes. Sebab, dengan perpendekan rute ini mobilitas mereka terganggu akibat harus berpindah bus untuk menuju tempat tujuan.

Selain itu, akibat perpendekan rute ini, penumpang justru jadi menumpuk di Halte Kuningan Barat. Contohnya yang diutarakan pengguna Twitter dengan nama akun @manusiamuscat.

"Semoga segera ke rute aslinya. Jujur kalo yang dari Ciledug terus kerjanya di daerah Tebet ga ada opsi yang lebih deket dan nyaman selain L13E ini. Turun di Patra Kuningan tuh udah surga banget buat yang ke Tebet," tuturnya.

Protes juga dilayangkan akun bernama @whoalal.

"Malah numpuk min, balikan lagi rute lama," tandasnya.

Akun Twitter @arisdhanuu juga menyebut perpendekan rute ini semakin merepotkan penumpang.

"Mohon maaf, kalau dimodif begini bukan meningkatkan kualitas layanan namanya, tapi malah menurunkan kualitas layanan. L13E selama rutenya masih Puri Beta - Latuharhari itu okupansinya tinggi loh, kalo dimodif begini malah justru merepotkan penumpang," pungkasnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat