visitaaponce.com

Fraksi PDIP DPRD DKI Usulkan Pembentukan Pansus JIS

Fraksi PDIP DPRD DKI Usulkan Pembentukan Pansus JIS
Foto udara umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta.(ANTARA/Aprillio Akbar)

FRAKSI PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta menyampaikan surat usulan pembentukan panitia khusus (pansus) Jakarta International Stadium (JIS). Surat telah diserahkan kepada Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi.

"Sudah kita kirim. Kemudian, saya juga sudah diminta pimpinan fraksi untuk berkomunikasi dengan Ketua DPRD," ujar Sekretaris F-PDIP DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo saat dikonfirmasi, Rabu (26/7). 

Rio menjelaskan urgensi pembentukan pansus JIS adalah karena adanya persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 serta rencana JIS menjadi home base klub sepak bola Persija. 

Baca juga: Erick Pastikan Pembenahan JIS Sesuai Surat FIFA

"Yang paling trending itu soal sarana dan prasarana, yang paling kentara kan soal rumput misalnya, modifikasi jenis rumput dan medianya," jelasnya.

Rio menilai pembentukan pansus ini juga untuk memastikan seluruh fasilitas penunjang JIS telah sesuai standar. Sebab, ia khawatir peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur kembali terulang.

"Jadi itu hal-hal yang menjadi ruang lingkup isu yang mungkin berkaitan dalam tanda kutip harus dipansuskan," tuturnya. 

Baca juga: Pastikan Renovasi JIS Tepat Waktu, Heru : Target Sebelum Piala Dunia

Lebih lanjut, Rio menyerahkan sepenuhnya kepada fraksi untuk menunjuk anggota yang akan ditempatkan dalam pansus. Apabila pansus tersebut disetujui.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi tidak sependapat dengan Fraksi PDIP yang mendorong pembentukan pansus JIS. Dia mempertanyakan urgensi pembentukan pansus dalam menelusuri pembangunan JIS.

"Saya tanya dulu dong urgensinya apa? Kalau semua permasalahan dibuat masalah ya tidak akan selesai," ujar Prasetyo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, 12 Juli 2023 lalu. 

Pras, sapaan akrab Prasetyo, menjelaskan pemerintah pusat telah membantu memperbaiki beberapa sarana dan prasaran JIS yang belum baik. Dia berharap bantuan dari pemerintah pusat tidak dipolitisasi demi kepentingan tertentu. 

"Jangan dimasukin ke area politik lagi, jadi harus clear untuk kepentingan Piala Dunia U-17," terang dia. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat