visitaaponce.com

GBB Kunjungi KSBSI dan FSB Garteks, Serap Aspirasi Kaum Buruh

GBB Kunjungi KSBSI dan FSB Garteks, Serap Aspirasi Kaum Buruh
GBB berdiskusi dengan KSBSI dan FSB(Dok. GBB)

DPP Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) melakukan safari politik kepada para pimpinan federasi-konfederasi serikat buruh dan pekerja

Kali ini yang kunjungi adalah Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dan Pimpinan Federasi Serikat Buruh (FSB) Garteks.

Ketua Umum GBB Lukman Hakim mengatakan kegiatan itu ditujukan untuk menyerap masukan-masukan konsep dan solusi atas isu-isu ketenagakerjaan

Baca juga : Sambut Indonesia Emas, SDG Gelar Pelatihan Pemasaran Digital di Sumedang 

Dalam kunjungan ke kantor KSBSI di Jakarta Pusat, DPP GBB dihadiri Ketua Dewan Pembina Ferry Indrianto, Ketua Umum Lukman Hakim, Sekretaris Jenderal Kelik Ismunanto, Bendahara Umum Opsgat Bagus Priambodo, dan Ketua Bidang Hubungan Internasional David Siburian. 

Rombongan GBB itu diterima oleh Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban dan Ketua Umum FSB Garteks Ary Joko beserta Sekjend FSB Garteks Trisnur. 

Baca juga : Ajak Milenial Berkegiatan Positif, Sukarelawan Ini Gelar Ajang Mini Soccer di Serpong

Elly Rosita mengungkapkan beberapa isu strategis yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, antara lain: perbaikan pasal-pasal dalam kluster ketenagakerjaan dalam UU Omnibus Law Ciptakerja dan isu transisi yang adil terkait perubahan iklim. 

"Kami tidak menolak omnibus law secara keseluruhan, kami hanya inginkan adanya perbaikan pada pasal-pasal dalam cluster ketenagakerjaan pada UU Cipta Kerja" ujar Elly dalam siaran persnya, Senin (14/8).

Elly juga mengaku bahwa KSBSI sudah punya kajian dan kertas posisi terkait poin-poin perbaikan tersebut.

Dia mengungkapkan usulan perbaikan itu sudah cukup lama disampaikan ke beberapa pihak di pemerintahan dan DPR. Namun, tidak mendapatkan respons yang nyata.

Beberapa hal yang menjadi aspirasi perbaikan dalam cluster ketenagakerjaan dalam cipta kerja itu adalah pasal-pasal yang terkait dengan upah, kontrak/outaourcing, pesangon dan persoalan TKA.

"Saya yakin Ganjar dapat menemukan cara win-win solution untuk melakukan perbaikan regulasi dengan melibatkan seluruh stakeholder" ujar Elly. 

Atas masukan tersebut, Lukman Hakim sangat apresiasi dan berterima kasih kepada Presiden KSBSI yang berjanji akan memberikan salinan kertas posisi terkait perbaikan pasal-pasal UU Ciptaker. 

Ketua Dewan Pembina GBB, Ferry Indrianto sangat mengapresiasi penerimaan yang hangat oleh Presiden KSBSI dan Ketua Umum Garteks atas safari kepada para pimpinan serikat buruh.

Ferry mengungkapkan bahwa kunjungan atau Safari GBB kepada para pimpinan serikat buruh ini merupakan bagian dari peran GBB sebagai sukarelawan sektoral buruh.

Pihaknya juga menghimpun ide dan gagasan yang konstruktif untuk dirumuskan lebih lanjut bersama serikat-serikat buruh dan untuk bersama-sama disampaikan dalam kesempatan ramah tamah serikat-serikat buruh. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat