visitaaponce.com

Ini 7 Manfaat Berkunjung Ke Museum Fatahillah

Ini 7 Manfaat Berkunjung Ke Museum Fatahillah
Museum Fatahillah saat perayaan Natal 2021.(ANTARA/Galih Pradipta)

BERKUNJUNG ke Museum Fatahillah, yang terletak di Kota Tua Jakarta, memiliki sejumlah manfaat yang dapat dirasakan oleh pengunjung. Memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta, museum Fatahillah merupakan salah satu museum terfavorit di Jakarta dan menjadi ikon Kawasan Kota Tua.

Awalnya disebut Stadhuis, struktur bercat putih yang megah ini adalah markas administrasi Perusahaan Hindia Timur dan kemudian Pemerintah Belanda. 

Bangunan ini menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara. 

Baca juga: Dorong Literasi Keuangan, Bank Mandiri Ajak Pelajar Tur ke Museum Mandiri

Museum ini terletak di Jalan Taman Fatahillah Nomor 1, Jakarta Barat, dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi.

Lantas apa saja manfaat yang didapatkan ketika berkunjung ke museum ini, simak penjelasan berikut ini. 

1. Pemahaman Sejarah

Museum Fatahillah adalah salah satu museum sejarah terpenting di Jakarta. Berkunjung ke museum ini akan memberikan wawasan mendalam tentang sejarah Jakarta, termasuk masa kolonial Belanda, pemerintahan Jepang, hingga masa kemerdekaan Indonesia. Ini adalah cara yang sangat baik untuk memahami perkembangan kota Jakarta dan peran pentingnya dalam sejarah Indonesia.

Baca juga: Asosisasi Museum Dorong Pembentukan Omnibus Law Kebudayaan

2. Penghargaan terhadap Warisan Budaya 

Museum Fatahillah merupakan bagian dari kawasan bersejarah Kota Tua Jakarta yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan bersejarah. Berkunjung ke sini akan membantu Anda menghargai warisan budaya dan arsitektur yang telah bertahan selama berabad-abad.

3. Pendidikan 

Museum ini adalah sumber pendidikan yang bagus, terutama untuk pelajar. Pengunjung dapat belajar tentang sejarah, seni, budaya, dan perkembangan sosial yang terkait dengan Jakarta dan Indonesia. Museum ini juga sering mengadakan pameran sementara dan program pendidikan yang menarik.

4. Pengalaman Budaya 

Museum Fatahillah sering menjadi tuan rumah berbagai acara seni dan budaya, seperti pertunjukan seni, pameran seni rupa, dan konser musik. Ini memberi pengunjung kesempatan untuk merasakan keanekaragaman budaya yang hidup di Jakarta.

5. Menginspirasi Kreativitas 

Melihat berbagai benda seni dan budaya di museum ini dapat menginspirasi kreativitas. Ini bisa menjadi sumber inspirasi untuk seniman dan penulis, serta memotivasi orang untuk lebih memahami seni dan budaya.

6. Rekreasi dan Wisata 

Selain aspek edukasinya, Museum Fatahillah juga menjadi tempat wisata yang menarik. Pengunjung dapat mengeksplorasi taman-taman yang indah, menikmati makanan di restoran-restoran terdekat, atau hanya berjalan-jalan di sekitar kawasan Kota Tua yang penuh dengan daya tarik sejarah.

7. Memperkaya Pengetahuan 

Berkunjung ke museum adalah cara yang bagus untuk memperkaya pengetahuan dan memperluas wawasan pribadi. Ini membantu Anda untuk lebih mengerti asal usul dan perkembangan budaya dan sejarah kota dan negara Anda.

Cara Menuju Museum Fatahillah

KRL Commuter Line 

Stasiun KRL terdekat dari Museum Sejarah yaitu Stasiun Jakarta Kota, jaraknya sekitar 230 meter. Wisatawan bisa berjalan kaki dari pintu keluar stasiun sekitar tiga menit menuju Museum Sejarah. 

Wisatawan yang datang dari arah Stasiun Bogor, bisa naik kereta tujuan Jakarta Kota, lalu berhenti di stasiun akhir, yakni Stasiun Jakarta Kota. 

Sementara wisatawan yang datang dari arah Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Jatinegara, bisa naik KRL ke Stasiun Manggarai. Kemudian berpindah  kereta tujuan Stasiun Jakarta Kota.

Naik Transjakarta 

Halte Transjakarta terdekat dari Museum Sejarah yaitu Halte Busway Jakarta Kota (Kota). Lokasinya persis di sebelah kanan dari arah pintu keluar Stasiun Jakarta Kota. 

Adapun Transjakarta yang terintegrasi dengan Halte Kota yaitu Transjakarta rute Blok M (1), rute Balai Kota (1A), rute Sunter Kelapa Gading (12), dan rute Senen (12B). (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat