visitaaponce.com

Fakta Cacar Monyet di Jakarta, Semua Pasien Laki-Laki dan Tertular Lewat Kontak Seksual

Fakta Cacar Monyet di Jakarta, Semua Pasien Laki-Laki dan Tertular Lewat Kontak Seksual
Ilustrasi pasien cacar monyet menunjukkan luka menghitam di kulitnya.(AFP/Ernesto Benavides)

KASUS cacar monyet (monkey pox) di Provinsi DKI Jakarta terus bertambah menjadi 25 kasus. Sebanyak 24 pasien di antaranya merupakan kasus aktif yang semuanya berjenis kelamin laki-laki.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia pada situs resmi Dinas Kesehatan DKI Jakarta di www.dinkes.jakarta.go.id hingga 1 November 2023 pukul 19.00 WIB terdapat penambahan 1 kasus cacar monyet.

Dengan penambahan tersebut, total terdapat 25 kasus cacar monyet di Jakarta di mana satu kasus yang ditemukan di 2022 sudah sembuh. Sehingga tahun ini ada 24 kasus aktif cacar monyet.

Baca juga : Bukan cuma Jakarta, 51 Kasus Cacar Monyet Menyebar di 5 Provinsi

Sementara itu, seluruh kasus masih dalam perawatan isolasi di RS. Tingkat positif dari PCR cacar monyet hingga 29%.

Semua pasien bergejala ringan, semua tertular dari kontak seksual, semua laki-laki berusia 25-50 tahun.

Kemudian, untuk suspek atau orang terduga bergejala ada sebanyak 6 orang. Terdapat 60 orang yang menjalani tes PCR dengan hasil negatif. Kemudian ada sembilan orang kontak erat tanpa gejala.

Baca juga : Kasus Cacar Monyet di Jakarta Jadi 39 Orang, 22 Orang Masih Diisolasi

Adapun hingga hari ini terdapat 452 orang dari target 495 orang yang telah mendapat vaksinasi cacar monyet.

Tentang Cacar Monyet

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, cacar monyet adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. Genus Orthopoxvirus juga termasuk virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi.

Cacar monyet pertama kali ditemukan pada 1958. Pada saat itu ditemukan wabah penyakit mirip cacar yang menyerang koloni monyet yang dipelihara untuk penelitian, hal tersebut yang menyebabkan penyakit ini disebut sebagai cacar monyet atau monkeypox.

Kasus cacar monyet pertama yang menginfeksi manusia tercatat pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo. Sejak saat itu, kasus cacar monyet dilaporkan telah menginfeksi orang-orang di beberapa negara Afrika Tengah dan Barat lainnya seperti Kamerun, Republik Afrika Tengah, Pantai Gading, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Liberia, Nigeria, Republik Kongo, dan Sierra Leone. (Z-4)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat