visitaaponce.com

Dorong Pemda Lain Bangun Sekolah dengan Kualitas Terbaik, Heru Budi Agar tidak Pindah Ke Jakarta

Dorong Pemda Lain Bangun Sekolah dengan Kualitas Terbaik, Heru Budi: Agar tidak Pindah Ke Jakarta
Wali siswa calon peserta didik baru mengajukan pembuatan akun Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD Grogol Selatan 08, Jakarta(ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

PENJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan Jakarta akan terus mengalami kekurangan kuota bangku sekolah. Salah satu faktornya yakni banyaknya pendatang yang pindah ke Jakarta.

Perpindahan warga ke Jakarta sudah terjadi sejak sebelum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dibuka.

"Saya lihat data perpindahan itu sudah diatur setahun yang lalu. Maka sampai kapan pun DKI Jakarta kekurangan bangku sekolah," ujar Heru usai deklarasi penutupan International Mayors Forum 2024 di Grand Hyatt Jakarta Pusat, Kamis (4/7).

Baca juga : Heru Akui Masih Banyak Kekurangan, PPDB akan Dievaluasi

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan perbaikan zonasi PPDB agar setiap siswa di Jakarta mendapatkan kursi sekolah.

"Kita harus memperbaiki zonasi itu, (karena) banyak warga yang pindah ke Jakarta, itu problem," ucap Heru.

Kendati demikian, pihaknya tidak akan melarang kedatangan warga daerah lain untuk tinggal di Jakarta karena itu merupakan hak warga negara.

Baca juga : Heru Budi Minta Disdik DKI Percepat Pencairan KJP

"Tapi di sisi lain sebagai warga negara, mereka berhak untuk bersekolah di mana saja," imbuhnya.

Lebih lanjut, Heru meminta setiap kepala daerah penyangga Ibukota yang nantinya menjadi kawasan aglomerasi ini, bisa membangun sekolah dengan kualitas yang setara dengan di Jakarta.

"Saya pesan kepada pemimpin yang baru di daerah lain, dari Bupati, Walikota, bangunlah sekolah yang setara di Jakarta," ucapnya.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta tengah mengkaji kebijakan sekolah swasta gratis di Jakarta. Heru berharap, wacana sekolah swasta gratis dapat segera terealisasi agar orangtua yang putra-putrinya tidak bersekolah di satuan pendidikan negeri, tak terbebani oleh biaya.

"Mudah-mudahan pembahasan itu cepat. Kalau sekolah gratis dan tidak ada masalah KJP kapan cair dan segala macam," pungkas Heru. (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat