visitaaponce.com

16 Rumah di Aceh Tenggara Rusak Diterjang Banjir Bandang

16 Rumah di Aceh Tenggara Rusak Diterjang Banjir Bandang
Kawasan yang terendam banjir di Aceh Tenggara akhir Maret 2019.(Amiruddin Abdullah/MI)

Setelah banjir bandang pada Kamis (28/3), di kawasan Kecamatan Seumadam, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, sedikitnya 16 rumah rusak dan lima lainnya terendam lumpur. Kemudian 20 keluarga harus mengungsi ke lokasi lain atau menumpang di rumah keluarga terdekat.

Dari 16 rumah rusak itu, delapan rusak berat dan lainnya rusak ringan. Musibah itu telah melumpuhkan aktivitas sebagian warga Seumadam. Paling parah adalah di Desa Titi Pasir, Kampung Baru dan Desa Pasa Pasar Puntong.

Di Desa Pasar Puntong misalnya, rumah milik Jumadin terendam lumpur sendimen banjir sekitar 30 cm. Lalu bagian dapur rumahnya rusak setelah diterjang air bah bercampur batang kayu gelondongan.

Baca juga : Banjir di Aceh Meluas ke 11 Wilayah Kabupaten

Tokoh Masyarakat Aceh Tenggara, Asnawi, kepada Media Indonesia, Minggu (31/3) mengatakan, warga di lokasi banjir membutuhkan air bersih. Apalagi sumur mereka sempat terendam dan sungai setempat masih keruh.

Dikatakan Asnawi, hujan masih terus mengguyur kawasan Kecamatan Seumadam. Warga khawatir akan terjadi banjir susulan.

"Bulan lalu lokasi ini juga diterjang banjir hingga merusak sedikitnya 47 rumah warga. Lalu ratusan hektare sawah juga rusak setelah tetutup sendimen bebatuan, lumpur dan kayu gelondongan," kata Asnawi. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat