visitaaponce.com

Gerhana Matahari Cincin Penuh di Indonesia pada 21 Mei 2031

Gerhana Matahari Cincin Penuh di Indonesia pada 21 Mei 2031
Petugas melakukan uji coba peralatan jelang pengamatan gerhana matahari cincin (GMC) di IAIN Lhokseumawe, Aceh, Jumat (19/6).(Antara)

MASYARAKAT diperkirakan dapat menyaksikan penuh gerhana matahari cincin di Indonesia pada 2031.

"Wilayah Indonesia akan kebagian gerhana matahari cincin pada 21 Mei 2031," kata peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto di Jakarta, Sabtu (20/6).

Baca juga: Fakta-Fakta Gerhana Matahari Cincin

Pada 21 Juni 2020, Indonesia hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian sekitar pukul 15.00 WIB. Adapun daerah yang bisa mengamati gerhana matahari itu yakni Medan, Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Bengkulu, Tanjung Pandan, Pontianak, Palangkaraya, Balikpapan, Banjarmasin, Tarakan, Palu, Gorontalo, Manado, Makassar, Polewali, Kendari, Ternate, Ambon, Manokwari, dan Jayapura.

Baca juga: Besok, Gerhana Matahari Cincin bisa Dilihat di 13 Daerah Ini

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging Mumpuni menuturkan, gerhana matahari cincin pada 21 Juni hanya bisa diamati secara parsial dari sebagian wilayah di utara Indonesia.

Dia menuturkan, di Bandung bisa mengamati gerhana matahari cincin parsial sekitar pukul 10.45 WIB, puncak di 13.40 WIB, dan berakhir di pukul 16:34 WIB. (X-15)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Henri Siagian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat