visitaaponce.com

Gempa Getarkan Nias, Seakan Ada Truk Lewat

Gempa Getarkan Nias, Seakan Ada Truk Lewat
Ilustrasi gempa bumi(Dok MI)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi bahwa wilayah Kepulauan Nias, Provinsi Sumatra Utara diguncang gempa tektonik berkekuatan 4,5 pada Skala Richter pada Kamis (4/2) pukul 22.35 WIB.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (4/2) pukul 23.28 WIB, Plt Kepala BBMKG Wilayah I Medan Eridawati mengungkapkan episenter gempa terletak pada koordinat 1,55 LU dan 97,81 BT.

"Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km Timur Laut Gunungsitoli, pada kedalaman 21 km," katanya.

Baca juga: BMKG: Cirebon akan Dilanda Hujan dan Angin Kencang Selama 3 Hari

Eridawati menjelaskan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa disebabkan aktivitas subduksi yang berada di bagian Barat Pulau Sumatra.

Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di Kabupaten Nias Utara dan Kota Gunungsitoli.

Getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan ada truk lewat.

Sedangkan di Kabupaten Nias, getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun, hingga pukul 23.05 WIB, lanjut Eridawati, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak ada gempa susulan (aftershock).

Dia mengimbau masyarakat Nias agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Masyarakat diminta memercayai informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat