visitaaponce.com

Hoaks Mencatut KPK

Hoaks Mencatut KPK
Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri(MI/Susanto )

 

HOAKS mengatasnamakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali muncul. Kini, nama juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri yang dicatut.

Pihak yang mengatasnamakan Ali itu menghubungi sejumlah pihak menyebut akan menyambangi kantornya. Ali yang asli membantah kabar tersebut.

"Menanggapi beredarnya informasi adanya pihak-pihak yang mengaku sebagai insan KPK dalam hal ini Juru Bicara KPK Ali Fikri, dan menghubungi para pihak lainnya dalam hal tersebut yakni Bupati Nias, dengan tujuan untuk berkunjung ke kantor bupati dimaksud," kata Ali melalui keterangan tertulis, Selasa (18/4).

Baca juga: Regulasi Kampanye Lewat Medsos untuk Pemilu 2024 Perlu Ditata

Ali meminta orang yang membawa namanya dalam menipu beberapa pihak itu menghentikan aksinya. Dia juga meminta pejabat dan masyarakat berhati-hati jika ada Ali palsu yang menghubungi dengan maksud tertentu.

Kunjungan KPK merupakan tugas unit Koordinasi dan Supervisi jika konteksnya pencegahan korupsi. Pemberitahuan itu pun dilakukan dengan surat tugas, bukan komunikasi ponsel.

Baca juga: Uang Panas Kasus Korupsi Lahan Pulo Gebang Disebut THR

 

"Jika mendapati adanya pihak-pihak yang mengaku sebagai insan KPK dan diduga akan melakukan tindak kriminal seperti pemerasan, pungutan liar, atau bahkan menawarkan untuk mengatur sebuah perkara di KPK, agar segera melaporkan ke aparat penegak hukum setempat atau ke KPK," ucap Ali.

KPK menegaskan ultimatum menghentikan modus penipuan ini bukan cuma imbauan. Karena, sudah banyak pihak yang ditangkap sebelumnya.

"KPK bersama aparat penegak hukum telah banyak menangkap para pelaku dengan modus seperti ini," ujar Ali. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat