visitaaponce.com

Petugas Gabungan Bubarkan Kerumunan dan Hentikan Takbir Keliling

Petugas Gabungan Bubarkan Kerumunan dan Hentikan Takbir Keliling
Sejumlah umat muslim mengikuti pawai takbir keliling di Seyegan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sebelum pandemi.(ANTARA)

PETUGAS gabungan di Kabupaten Tuban, Jatim, terpaksa membubarkan kerumunan warga kegiatan dan takbur keliling menjelang pelaksanaan Salat Idul Fitri. Hal ini dilakukan untul mencegah sebaran covid -19 selama Lebaran.

Patroli besar ini dipimpin oleh Kapokres Tuban AKB Ruruh Wicaksono, bersama Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, Rabu malam. Puluhan personel gabungan ini terdiri dari TNI-POLRI, Satpol PP serta Dinas Perhubungan.

Baca juga: Banjir Kembali Landa Kalsel

Patroli yang di mulai pukul 20.00 WIB dilakukan dibeberapa titik untuk memastikan tidak ada pelaksanaan Takbir Keliling maupun kerumunan masyarakat saat malam lebaran dalam rangka pengendalian laju penyebaran Covid-19.

Kegiatan patroli diawali di seputaran Gelanggang Olahraga (GOR), melihat kedatangan rombongan mobil Polisi, tanpa komando puluhan warga yang sedang berkerumunan di tempat tersebut langsung membubarkan diri.

Setelah pembubaran kerumunan warga, petugas melanjutkan kegiatan menuju Alon-alon kota Tuban. Di tempat ini, Kapolres bersama rombongan memberikan imbauan kepada warga yang sedang berkerumunan untuk membubarkan diri. Mendapat imbauan dari petugas, warga yang berkerumun langsung membubarkan diri.

Patroli selanjutnya di pertigaan Manunggal Utara dan Manunggal Selatan. Di kawasan ini rombongan tidak mendapati adanya kerumunan warga.

Selanjutnya rombongan bpatrolier di Jalur lingkar selatan (JLS). Dan di sepanjang jalur ini sejumlah kendaraan pickup dengan muatan sound sistem yang digunakan untuk Takbir keliling diamankan oleh petugas.

Sahid, 42, pemilik sound sistem asal Desa Boto,  Kecamatan Semanding mengaku tidak tahu dan tidak diberi tahu oleh Kepala Desa setempat terkait larangan takbir keliling dari pemerintah.

"Sudah saya matikan dari tadi Pak, saya gak tau cuma tadi ada teman-teman yang kasih tau, ini mau pulang lewat perempatan depan itu, habis ini mau ke masjid, " terangnya.

Kapolres Tuban AKB Ruruh menjelaskan ada beberapa titik yang menjadi sasaran patroli untuk memastikan tidak ada kerumunan maupun Takbir keliling yang dilakukan oleh warga.

"Ada beberapa titik yang Kita lakukan Patroli diantaranya, GOR, depan Pemkab, Manunggal Utara dan Selatan, Jalur lingkar selatan serta Jl.Soekarno-Hatta," ungkapnya.

Baca juga: Tidak Mudik, Warga Ramai Kunjungi Taj Mahal Gresik

Kegiatan ini, kata Kapolres, untuk memastikan tidak ada kerumunan maupun masyarakat yang melakukan Takbir keliling.

"Tadi ada beberapa kendaraan beserta perangkatnya yang kita amankan, termasuk dari Polsek jajaran, sudah diberikan himbauan tapi tetap nekat melaksanakan takbir keliling, akhirnya kita amankan," pungkas Kapolres. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat