visitaaponce.com

Peringati Hari Pangan Para Kades di Tegal Tanam Bibit Buah-buahan

Peringati Hari Pangan Para Kades di Tegal Tanam Bibit Buah-buahan
Anggota DPR dari Dapil IX Jawa Tengah, Dewi Aryani (berhijab) sedang menanam bibit buah-buahan.(DOK PRIBADI)

MEMERINGATI Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober 2021, para kepala desa/kades di Kabupaten Tegal, jawa Tengah, ramai-ramai menanam bibit buah-buahan. Langkah tersebut merupakan kelanjutan program gerakan Membangun Kawasan Buah Desa, Rindang Desanya, Sehat Rakyatnya.
     
Gerakan tanam bibit buah-buahan tersebut diinisiasi anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jawa Tengah, Dewi Aryani  bekerja sama dengan para kades di seluruh Kabupaten Tegal. Melalui gerakan tanam bibit buah merupakan bagian dari semangat gotong royong yang akan terus digaungkan di semua desa, terutama dalam membangun sistem ketahanan pangan berkelanjutan.
     
"Melalui kegiatan ini, saya ingin semangat gotong royong akan terus tumbuh di kalangan masyarakat pedesaan," ujar Dewi Aryani yang rilisnya diterima Minggu (17/10).
     
Dewi Aryani menuturkan, dengan gerakan tanam bibit buah-buahan rakyat kelak akan mudah mendapatkan bahan pangan dengan harga terjangkau, berkelanjutan, dan bergizi sehingga tidak ada lagi kelaparan atau kekurangan gizi dalam bentuk apapun, termasuk kekurangan nutrisi dari buah-buahan.
     
"Kembali saya mengingatkan agar para kepala desa dan warga bergotong royong merawat kawasan buah desa, sehingga rindang desanya sehat rakyatnya. Manfaatnya akan dirasakan tidak hanya saat ini, namun juga untuk anak cucu kita kelak," papar anggota Komisi IX DPR tersebut.
     
Ia menjelaskan sebelumnya dirinya telah mencanangkan 'Membangun Kawasan Buah Desa' di 100 desa se-Kabupaten Tegal di lahan pertanian Desa Dukuhringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Selasa 12 Oktober 2021.
     
"Kawasan buah desa merupakan pemanfaatan kawasan lahan tidur di desa-desa yang tidak produktif. Melalui program ini nantinya didayagunakan sebagai lahan untuk menanam aneka buah-buahan," terang DeAr, sapaan Dewi Aryani.
     
Pencanangan ditandai dengan penyerahan ribuan bibit pohon buah-buahan pada tahap awal secara simbolis kepada para kades perwakilan tiap kecamatan di Kabupaten Tegal. (JI/OL-10)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat