visitaaponce.com

Tokoh Perfilman Usmar Ismail Diangkat jadi Pahlawan Nasional

Tokoh Perfilman Usmar Ismail Diangkat jadi Pahlawan Nasional
Presiden Joko Widodo(Youtube Setpres)

Presiden Joko Widodo hadir dalam malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2021 yang diselenggarakan di JCC Senayan, Jakarta, Rabu, (10/11).

Pada kesempatan itu, Jokowi pun menyampaikan apresiasi untuk para sineas Indonesia yang berhasil membawa film mereka menang di festival film internasional. Edwin (Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas), Kamila Andini (Yuni), Monic Tedja (Dear to Me), dan Tumpal Tampubolon (Laut Memanggilku).

Jokowi juga menyampaikan sambutannya terkait pengangkatan Usmar Ismail sebagai pahlawan nasional.

"Sangat bagus sekali di tengah pandemi yang sangat sulit banyak muncul karya” yang di luar dugaan kita dengan kualitas proses yang saya kira tertekan semua karena pandemi tapi bisa menghasilkan karya yang bagus. Sebuah apresiasi dari kita untuk dunia perfilman indonesia. Seluruh insan perfilman yang malam ini hadir bapak Ibu sekalian hadirin yang berbahagia, 66 tahun yang lalu Bapak Haji Usmar Ismail dan Bapak Djamaluddin Malik memprakarsai penyelenggaraan FFI sebagai perayaan dan apresiasi tertinggi bagi industri perfilman Indonesia. Karena itu tahun ini, pagi tadi sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk para pejuang kebudayaan atas nama bangsa dan negara, saya menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Bapak Haji Usmar Ismail, bapak perfilman Indonesia," kata Jokowi, Rabu malam (10/11).

"Semangat perjuangan para pejuang dari bapak perfilman Indonesia harus kita jaga dengan menciptakan karya-karya berkualitas yang menunjukkan keunggulan karakter jati diri kita sebagai bangsa dan kekayaan budaya yang tidak tertandingi. Di masa pandemi, industri film Indonesia meraih banyak prestasi yang gemilang di dunia film internasional. Prestasi yang mengungguli negara-negara lain di Asia tenggara Saya melihat memang bermacam-macam sudut cerita yang diambil," lanjut Jokowi.

Jokowi pun berharap para insan film dan seluruh stakeholder perfilman Indonesia terus memupuk mimpi besar dan menggali serta mengangkat cerita unik. (M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat