visitaaponce.com

Sejumlah Desa di Barito Selatan masih Terendam Banjir

Sejumlah Desa di Barito Selatan masih Terendam Banjir
Beberapa pengguna jalan tampak tengah melewati jalan yang banjir di feri penyeberangan, Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas.(MI/Surya Sryanti.)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengakui sejumlah desa di
wilayah setempat masih terendam banjir. Bahkan empat desa di Kecamatan Dusun Hilir dalam kondisi parah.

"Empat desa tersebut yakni Sungai Jaya, Mahajandau, Batilap, dan Batampang," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Barito Selatan Suwono di Buntok, Rabu (8/6). Berdasarkan laporan dari lapangan, kondisi air tertinggi berada di Desa Sungai Jaya yang mencapai 130 sentimeter. 

Banjir yang melanda sejumlah desa di Barito Selatan itu terjadi sejak 26 Mei 2022. Dari enam kecamatan, sebanyak 36 desa terendam banjir di empat kecamatan.

Sebanyak 36 desa tersebut terdiri dari 8 desa yang berada di Kecamatan Dusun Utara, 11 desa di Kecamatan Dusun Selatan, 11 desa di Kecamatan Karau Kuala, dan 4 desa di Kecamatan Dusun Hilir. Di luar itu terdapat sejumlah dusun yang terendam banjir.

"Kondisi banjir untuk tiga kecamatan sudah turun, hanya yang di Kecamatan Dusun Hilir, khususnya empat desa, yakni Mahajandau, Batilap, dan Batampang dengan ketinggian air masih mencapai satu meter, sedangkan di Desa Sungai Jaya mencapai 130 cm," kata Suwono. 

Baca juga: Satu Pelaku Pembunuhan Pensiunan RRI Madiun Dibekuk

Lamanya banjir melanda beberapa desa di wilayah Kecamatan Dusun Hilir itu karena posisi geografisnya yang berada di kawasan pertemuan dua aliran sungai besar, yakni Sungai Barito dan Sungai Kapuas. Ketika debit air salah satu sungai naik, langsung terjadi banjir. Apalagi jika debit air kedua sungai yang naik. Makanya, banjir juga bisa terjadi pada desa itu dalam kurun waktu berbulan-bulan," ujarnya. 

Hingga saat ini BPBD Barito Selatan dan pihak terkait terus melakukan pemantauan intensif perkembangan banjir yang terjadi. "Kami dari BPBD terus siaga memantau perkembangan dari waktu ke waktu, termasuk pula kesiapan personel dan peralatan penanggulangan bencana," tuturnya. (Ant/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat