visitaaponce.com

Seorang Jemaah Haji asal Cianjur Terlibat Kecelakaan di Arab Saudi

Seorang Jemaah Haji asal Cianjur Terlibat Kecelakaan di Arab Saudi
Jemaah haji Aceh melambaikan tangan setibanya di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Selasa (26/7).(ANTARA/Irwansyah Putra)

SEORANG jemaah haji asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengalami kecelakaan lalu lintas sepekan menjelang kepulangan ke Tanah Air.

Saat ini, jemaah atas nama Cucu bin Ahmad, warga Kampung Belendung 4/4, Desa Karangnunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, itu sedang dalam perawatan di rumah sakit setempat.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, Usep Muhammad Tammam, mengatakan, jemaah tersebut tertabrak kendaraan di Arab Saudi. Karena itu, jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 16 itu tidak ikut kembali ke Indonesia bersama rombongan pada Selasa (26/7) malam.

"(Kronologi) persisnya saya kurang tahu, tapi ada jemaah asal Cianjur yang  tertabrak. Saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit di Arab Saudi. Sudah hampir seminggu," terang Usep saat dimintai konfirmasi, Rabu (27/7).

Dengan begitu, kata Usep, jumlah jemaah haji pada kloter 16 asal Kabupaten Cianjur jadi berkurang dua orang. Satu orang meninggal dunia dan satu orang lagi sedang dalam perawatan di rumah sakit.

"Pada kloter 16 itu jumlah jemaah haji seluruhnya ada 404 orang ditambah petugas 6 orang, jadi semuanya 410 orang. Tapi kemarin (Selasa malam) yang pulang menjadi 408 orang. Satu orang atas nama Pak Hasbulloh meninggal dunia dan satu orang lagi masih posisi di rumah sakit sehingga belum bisa dipulangkan," kata Usep.


Baca juga: Polda Sumsel Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ribu Baby Lobster


Ia menambahkan, pihaknya akan mengupayakan jemaah haji yang mengalami kecelakaan itu bisa dipulangkan bersama dengan jemaah haji lain asal Kabupaten Cianjur tergabung dalam kloter 30. Rencananya, jemaah haji kloter 30 akan tiba di Indonesia pada 5 Agustus 2022.

"Mudah-mudahan dengan sisa kloter yang ada, jemaah yang sedang dirawat di rumah sakit di Arab Saudi itu, kondisinya pulih saat nanti jemaah haji kloter 30 dipulangkan. Mudah-mudahan bisa ditanazulkan atau pindahan kloter," bebernya.

Usep menuturkan, jemaah haji atas nama Cucu berangkat bersama suaminya. Saat ini, suaminya sudah berada di Indonesia.

"Kami terus memantau perkembangan kondisi jemaah atas nama Ibu Cucu. Semua biaya perawatan ditanggung pemerintah Arab Saudi karena kan setiap jemaah haji sudah diasuransikan," tuturnya.

Secara umum, sebut Usep, proses pemulangan jemaah hasil kloter 16 berjalan dengan aman dan lancar. Termasuk semua barang bawaan dalam kondisi aman.

"Kalau sahara (koper) itu sudah lebih dulu tiba. Tapi pas kemarin malam (Selasa), para jemaah haji setelah tiba di Gedung Dakwah disarankan segera pulang agar semuanya bisa tertib. Untuk sahara atau barang bawaan bisa diambil hari ini (Rabu). Dengan skema seperti ini alhamdulillah proses pemulangan dan penjemputan oleh pihak keluarga berjalan aman, lancar, dan tertib," pungkasnya. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat