visitaaponce.com

AAJI Gelar Literasi Keuangan dan Asuransi bagi UMKM di Bali

ASOSIASI Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) kembali menyelenggaakan Top Agent Awards 2022 di Bali. Perhelatan yang mengangkat tema "Anugerah Insan Berprestasi" ini digelar selama tiga hari yang dimulai di Desa Taro Kabupaten Gianyar Rabu (10/8), dan dilanjutkan di Nusa Dua pada hari kedua dan ketiga.     
 
Kegiatan di Desa Taro adalah Seremonial Industry Social Responsibility (ISR) dan Literasi Keuangan dan Asuransi dengan tema "UMKM Naik Kelas, Siap Bersaing di Pasar Global'. Tahun ini, AAJI melakukan perbaikan bangunan Sentra UMKM. Sedangkan untuk materi literasi keuangan dan asuransi, mencakup pelatihan kreatif branding UMKM Perdesaan, pelatihan literasi keuangan dan asuransi, serta seremonial pembukaan unit bisnis galeri dan UMKM.

Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon mengatakan kegiatan yang digelar di Desa Taro ini sebagai salah satu wujud nyata industri asuransi jiwa dalam memberikan kembali kepada masyarakat di luar pemegang polis.  

"Jadi bentuk yang bisa kami berikan adalah literasi keuangan agar masyarakat semakin paham bahwa uang harus dikelola dengan baik. Sedangkan Literasi asuransi adalah beberapa risiko bisa diproteksi dan masa depan bisa direncanakan. Kami bekerja sama dengan UMKM, dengan harapan memberi manfaat," ujar Budi Tampubolon kepada wartawan usai meresmikan BUMDes Sarwada Amertha Desa Taro.

Sementara itu Perbekel (Kepala Desa) Taro, I Wayan Warka mengakui literasi atau pelatihan bantuan dari AAJI itu sangat dirasakan manfaatnya oleh pelaku UMKM yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT), termasuk kalangan remajanya.

Hal ini terbukti setelah mengikuti pelatihan selama hampir satu bulan yang difasilitasi Forum Komunikasi Destinasi Wisata Bali (Forum Dewi), para peserta sudah bisa melakukan pengemasan produk terstandar baik dan dapat bertahan lama. Sejumlah ahli baik di bidang digital, pengemasan maupun pemasaran turut dihadirkan dalam literasi tersebut.

"Setelah mengikuti literasi selama sebulan mereka sudah bisa mengemas produk dengan bagus," ujar Warka.

baca juga: Tangkal Risiko Bisnis tak Terduka, UMKM Diimbau Miliki Asuransi Sebagai Proteksi

Ia optimistis kemasan produk-produk oleh warganya itu akan mampu bersaing di pasar lokal maupun nasional.  

Rangkaian kegiatan Top Agent Awards ke-35 akan dilaksanakan selama tiga hari di Bali. Pada hari kedua, Kamis (11/8) akan dilaksanakan seminar motivasi (Convention), dan pada hari ketiga, Jumat (12/8) akan dilaksanakan pemberian penghargaan pada acara Awarding Night (Gala Dinner). Dalam acara itu para tenaga pemasar asuransi jiwa terbaik di industri asuransi jiwa akan bertanding memperebutkan gelar Top Agent of The Year Tahun 2021. (N-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat