visitaaponce.com

Hanya Dapat Tetelan, Sejumlah KPM BPNT Di Desa Jambudipa Cianjur Mengeluh

Hanya Dapat Tetelan, Sejumlah KPM BPNT Di Desa Jambudipa Cianjur Mengeluh
Ilustrasi(DOK MI)

SEJUMLAH keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan pangan nontunai (BPNT) di Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menerima komoditas daging sapi tak 'berkualitas'. Daging yang diterima KPM hanya berupa tetelan atau krewedan.

Denug, tokoh pemuda setempat, mengaku kedatangan sejumlah KPM yang mendapatkan daging sapi berupa tetelan. Mereka mengaku keberatan karena tadinya KPM berharap bisa mendapatkan daging sapi segar.

"Kemarin kami mendapat aduan dari KPM yang mengaku komoditas BPNT, terutama daging sapi, hanya tetelan atau daging krewedan," terang Denug, Kamis (18/8).

Ia menilai pendistribusian daging sapi berupa tetelan itu menyalahi pedoman umum (pedum). Harusnya, pihak penyalur mendistribusikan komoditas BPNT yang betul-betul berkualitas. "Masa dikasih daging krewedan," ungkapnya.

Denug berharap Pemkab Cianjur, terutama Dinas Sosial, bisa mengawasi kualitas komoditas BPNT. Sehingga komoditas yang diterima masyarakat bisa dikonsumsi dengan layak. "Jangan hanya memikirkan keuntungan, tapi bagaimana masyarakat yang membutuhkan bisa mendapatkan komoditas BPNT berkualitas," pungkasnya.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Warungkondang, Lili Mulyadin, mengaku hal biasa terjadi keluhan KPM terhadap komoditas BPNT. Ia menegaskan penyedia komoditas BPNT tidak mungkin menyiapkan daging sapi seutuhnya.

"Kalau daging semuanya tidak mungkin. Pasti ada campurannya, kayak krewedan," kata Lili dikonfirmasi di kantor Kecamatan Warungkondang.

Lili mengaku belum menerima laporan aduan adanya komoditas daging sapi yang tidak berkualitas dari para KPM. Namun, kata Lili, selama proses penggantian KPM harus bersabar, sebab penyediaan komoditas pengganti membutuhkan waktu.

"Bisa dikembalikan, nanti akan diganti. Tak hanya daging, tapi komoditas lainnya juga. Tapi harus menunggu karena harus disiapkan dulu dari agennya," sebutnya.  Di Kecamatan Warungkondang terdapat sekitar 9 ribuan KPM BPNT. Saat ini yang sedang dalam proses penyaluran ada 4 desa.

"Sekarang yang sedang penyaluran ada di Desa Jambudipa, Bunikasih, Bunisari di masing-masing e-warong," pungkasnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat