visitaaponce.com

Satpam BJB Tasikmalaya Dibantu Warga Tangkap Dua Pelaku Pembobol ATM

Satpam BJB Tasikmalaya Dibantu Warga Tangkap Dua Pelaku Pembobol ATM
Petugas Identifikasi (Inafis) Polres Tasikmalaya Kota melakukan olahtempat kejadian perkara (TKP) mesin ATM yang akan dibobol, Selasa (20/9)(MI/Adi Kristiadi)

DUA pelaku pembobol dua mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ditangkap Saptam BJB cabang Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Aksi pembobolan dan ganjal mesin ATM itu, terjadi Selasa (20/9) sekitar pukul 07.15 WIB. Saat itu kedua pelaku kepergok tengah melakukan aksinya dengan cara berpura-pura kartu ATM-nya mesin.

Pantauan di lokasi tim identifikasi (Inafis) dari Polres Tasikmalaya sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di dalam ruang mesin ATM milik BJB dan BRI yang mengalami kerusakan. Khususnya di bagian kartu masuk ATM.

Seorang pegawai kebersihan mesin ATM BJB yang juga saksi mata, Miftah Fauzi, 21, warga Nagarawangi, mengatakan, pihaknya melihat kedua pelaku datang mengendari motor nomor polisi B 6838 ZIU. Satu pelaku masuk ke dalam ruang mesin ATM samping Mall dan selang beberapa lama satu pelaku juga ikut masuk ke dalam.

"Saya curiga dengan prilaku kedua oranng yang masuk ke dalam mesin ATM, lalu kami intai terlihat sedang mencongkel dan kedua orang tersebut berpindah-pindah mesin ATM. Seorang pelaku sempat meminta tolong karena kartu ATM tertelan. Kami juga menyarankan supaya orang tersebut langsung ke kantor BJB untuk mengurus kartu ATM yang tertelan," katanya, Selasa (20/9/2022).

Ia mengatakan, kecurigaan itu timbul ketika melihat gembok di samping mesin ATM BJB dalam kondisi rusak termasuk ada alat ganjel di dalam dua mesin ATM BJB dan BRI berupa mika (plastik). Atas kejadian tersebut, pelaku sempat mengelak tidak melakukan perusakan dan keduanya berusaha kabur setelah diteriaki maling tapi salah satunya sempat berkelahi.

"Kami sempat menghubungi Satpam BJB dan memberikan kabar dua orang pelaku berusaha membobol mesin ATM, tetapi seorang pelaku sempat berkelahi (duel) di parkiran motor dan langsung ditangkap. Akan tetapi, seorang pelaku lainnya berhasil ditangkap oleh warga di jalan Pataruman dengan sepeda motornya," ujarnya.

Saptam BJB Cabang Tasikmalaya, Gandana Putra, 28, mengatakan, pihaknya dibantu warga menangkap kedua pelaku dan menyerahkan keduanya ke polisi serta dibawa oleh anggota Polsek Cihideung bersama satu unit motor milik pelaku.

"Untuk kedua orang pelaku tersebut berinisial AP, 25, dan SJ, 24, warga Kenali, Kecamatan Buay Sandang Aji, Kabupaten Ogan Komeriang Ulu Selatan, Sumatra Selatan. Setelah ditangkap, kami sempat menghentikan mobil Polsek Cipatujah yang melintas untuk mengamankan kedua orang pelaku dan langsung menghubungi Polsek Cihideung," paparnya.

Kapolsek Cihideung, Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Cecep Bambang, mengatakan, aksi pembobolan dan ganjal mesin ATM berada di samping Mall Yogya HZ Mustofa itu berhasil ditangkap oleh Satpam BJB dan warga setelah dua orang diteriaki maling. Kasusnya kini masih dalam penyelidikan dan pemeriksaan. (OL-13)

Baca Juga: Masyarakat di Pulau Kemaro Kembali Diberi Pelatihan Skill agar Lebih Berdaya

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat