visitaaponce.com

Ada Tiga Pelabuhan Baru di Bali, Pariwisata Nusa Penida Diharap Lebih Berkembang

Ada Tiga Pelabuhan Baru di Bali, Pariwisata Nusa Penida Diharap Lebih Berkembang
Bupati Kabupaten Klungkung saat meninjau kesiapan Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida(Dok.Pemkab Klungkung)

UNTUK menyambut para tamu undangan di ajang KTT G20, pemerintah membangun sejumlah infrastruktur di Bali. Beberapa di antaranya yakni Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida,  Pelabuhan Sanur, dan Gedung VVIP Banda Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan revitalisasi dan pembangunan infrastruktur tersebut merupakan kolaborasi Kemenhub dengan sejumlah pihak terkait dengan momentum KTT G20. "Momentum kedatangan pimpinan dunia dan semua stakeholder, ada menteri keuangan, menteri transportasi, dan lainnya datang ke sini melihat bahwa citra Indonesia yang semakin berkembang baik dari segi Infrastruktur " tutur Menhub.

Diresmikannya Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan disambut baik oleh Bupati kabupaten Klungkung I Nyoman Suwirta. "Kami sangat berterima  kasih sebesar-besarnya, kepada Bapak Presiden Jokowi beserta jajaran kementerian terkait dan tentunya kepada Bapak I Wayan Koster, Gubernur Provinsi Bali, atas terwujudnya mimpi masyarakat di Kabupaten Klungkung yakni pembangunan pelabuhan segitiga emas." 

"Saya yakin hal itu dapat mendongkrak pariwisata di Nusa Penida dan juga berdampak pada perekonomian masyarakat Klungkung," lanjutnya. 

Suwirta menyampaikan bahwa upaya pengembangan infrastruktur dan penunjang pariwisata di Kabupaten Klungkung khususnya di kawasan tiga pulau yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan, masih terus dijalankan walau masih dalam pengembangan.

"Pada 2022 ini telah terserap senilai Rp60 miliar untuk penuntasan perbaikan jalan yang sudah tertangani memakai sistem pengaspalan cold mix" jelasnya.

Dalam kesempatan lain, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Klungkung, I Wayan Kariana juga memastikan dengan diresmikannya pelabuhan menuju Nusa Penida tersebut, wisatawan akan lebih nyaman. 

"Selama ini para wisatawan yang datang ke Nusa Penida harus mengangkat koper atau berjalan melalui bibir pantai untuk menuju kapal, saat ini melalui pelabuhan Sampalan dan pelabuhan Bias Munjul akan membuat para wisatawan lebih nyaman karena sudah ada dermaga yang langsung terkoneksi dengan kapal dan bagasi sehingga wisatawan dapat tinggal lebih lama di Nusa Penida," ujarnya. (RO/A-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat