visitaaponce.com

Harga Kebutuhan Pokok Melonjak di Surabaya

Harga Kebutuhan Pokok Melonjak di Surabaya
Pedagang pasar tradisional(MI/Djoko Sardjono)

SEJUMLAH harga bahan pokok mulai naik menjelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Di Pasar Tambahrejo, Kota Surabaya, ada beberapa komoditi yang naik.

Keluhan itu merata disampaikan para pedagang. Seperti di gerai milik Nanik, harga telur sudah naik selama seminggu terakhir berkisar antara Rp2.000- Rp3.000.

"Semua naik telur naik ini sudah seminggu. Sebelumnya Rp28 ribuan per kilogram-nya. Naiknya memang tidak seberapa, sekarang sudah Rp31 ribu yang ukuran kecil, Rp30 ribu yang ukuran tanggung. Sementara dapat atau kulaknya (jual) seribu lebih murah dari harga jual," kata Nanik seorang pedagang.

Nanik memperkirakan harga telur akan terus naik hingga menembus Rp35-37 ribu pada puncak Nataru. Meski kenaikan ini tidak memengaruhi ketersediaan stok mau pun pembelinya.

Pedagang lain, Diana menyebut komoditi lain juga mulai naik. Tomat menurutnya naik drastis dari sebelumnya Rp8 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram. "Tomat biasanya dapatnya Rp5 ribu, kalau sekarang dapatnya Rp20 ribu," katanya.

Komoditi bawang merah juga sama, naik sekitar Rp5 ribu menjadi Rp30-35 ribuan. Sementara, cabai merah kini dijual dengan harga Rp22 ribu dan cabai rawit Rp27 ribu. Beras juga mulai naik meski tidak signifikan, hanya Rp200. Sehingga pedagang lebih memilih tidak menaikkan harga jual.

"Saya jual yang Rp10 ribu dan Rp11 ribu eceran itu, naik cuma Rp200. Jadi saya jualnya tetap, mending untungnya saya kurangin biar pembeli tidak pergi," ujar Firman salah satu pedagang di pasar Tambahrejo. (OL-13)

Baca Juga: Harga Telur Ayam Di Sidoarjo Meroket

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat