visitaaponce.com

Pemkab Poso Fokus Tekan Angka Stunting

Pemkab Poso Fokus Tekan Angka Stunting
Ilustrasi(DOK MI)

PEMERINTAH Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menjadikan stunting sebagai permasalahan utama untuk diselesaikan. Wakil Bupati Poso, M Yasin Mangun mengatakan, permasalahan stunting sejatinya telah menjadi agenda pembangunan nasional. 

Tahun ini, Poso ditetapkan sebagai salah satu kabupaten lokasi focus perluasan intervensi penurunan stunting terintergrasi. "Karena itu kami sangat fokus dengan penyelesaian stunting di Poso," terangnya, Kamis (15/12). 

Menurut Yasin, berdasarkan data resmi, prevalensi stunting tahun 2019, Poso berada pada angka 21,67 persen. Sedangkan pada tahun ini mengalami penurunan dan sekarang berada pada angka 10,07 persen. 

"Persentasenya memang turun, namun kasusnya masih ada. Makanya semua pihak di Poso berjibaku menurunkannya hingga benar-benar tidak ditemukan lagi," tegasnya. 

Yasin menjelaskan, bahwa di Poso intervensi tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan saja, namun juga dilakukan oleh sektor lain. "Karena keberhasilan program penurunan stunting di sejumlah wilayah dipengaruhi oleh sektor non kesehatan dengan proposi mencapi 70 persen," imbuhnya.  

Kepala Dinas Kesehatan Poso, Taufan Karwur menambahkan, Pemkab Poso juga sudah mengeluarkan imbauan agar semua stakeholder bisa mengambil peran sesuai tugas dan fungsinya masing-masing secara sinergis di wilayahnya untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, semua stakeholder juga harus aktif memberikan ide, gagasan, dan inovasi yang dapat dikembangkan serta diaplikasikan dalam mendukung upaya penurunan stunting. 

"Pemkab Poso sangat serius dalam upaya penurunan angka stunting. Dan saat ini sejumlah program sudah berjalan," tandasnya. (OL-15)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat