visitaaponce.com

Harga Bahan Pokok di Kabupaten Sorong alami Kenaikan Wajar

PENJABAT (Pj) Bupati Sorong Yan Piet Moso S.Sos.,M.M dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) meninjau harga bahan pokok disejumlah pasar tradisional. Upaya ini untuk mengetahui dinamika harga bahan pokok dan menekan inflasi.

Dalam peninjauan ini, Yan Piet Moso menanyakan langsung kepada para pedagang terkait harga bahan pokok, seperti harga beras, minyak goreng, cabai, telur, bawang merah dan sejumlah komoditi lainnya dan kendala apa saja yang dialami.

Dalam pantauannya, Moso menilai, harga beberapa bahan pokok masih dalam keadaan stabil. Memang ada beberapa komoditi, seperti bumbu dapur yang harganya mengalami kenaikan tipis antara Rp 1.000,- hingga Rp2.000,-.

Lokasi yang ditinjau. Pj Bupati dan TPID diantara adalah Saga Supermarket, Pasar Warmon Aimas, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan UPTD Balai Benih Ikan di Majaran. Diakuinya, ada beberapa komoditas bahan pokok yang memang mengalami kenaikan harga.

Menurut dia, kenaikan harga sejumlah komoditas di pasar dipengaruhi oleh beberapa
faktor.  Misalnya, beberapa komoditi lokal yang kosong sehingga harus didatangkan dari luar. Ada pula produk yang diambil dari distributor, sehingga tentu ada selisih harga yang sedikit lebih tinggi.

"Pedagang sampaikan ada stok barang yang diambil dari luar, ada juga dari distributor, sehingga ada sedikit perbedaan harga. Namun itu masih pada ambang batas wajar, berkisar antara Rp 1.000,- hingga Rp 2.000,- jika dibandingkan dengan harga dalam kondisi normal," ucap Moso.

Pj Bupati Sorong memastikan bahwa untuk saat ini, ketersediaan stok bahan pangan masih aman dan tidak ada kelangkaan. Dengan demikian Moso berharap angka inflasi di Kabupaten Sorong tidak terus melaju.

Masalah ketahanan pangan, jelas Moso, sejatinya memang harus dibahas dalam sebuah diskusi yang komprehensif pada berbagai sektor. Yakni mulai dari sembako, produk pertanian, produk perkebunan, produk peternakan hingga produk perikanan.

Sementaa itu, Kapolres Sorong, AKBP Yohanes Agustiandaru, SH, S.IK, MH menambahkan, pihaknya sebagai penyelenggara negara juga siap bersinergi bersama TPID baik dari internal Pemerintah Daerah maupun TNI.

"Kami siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Sorong dalam penanganan inflasi ini. Kami juga memiliki Satgas Pangan dari Reskrim dan Intel yang ikut memantau fluktuasi harga bahan pokok bersama Dinas Perindagkop. Pantauan dilakukan terhadap harga bahan pangan day by day, termasuk juga terkait ketersediaan stoknya," jelas Kapolres. (OL-13)

Baca Juga: Inilah Harga Minyakita di Surabaya, Berbeda dengan Kota Lain

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat