visitaaponce.com

KPU Kota Tegal Pastikan Jumlah Kursi DPRD tidak Berubah

KPU Kota Tegal Pastikan Jumlah Kursi DPRD tidak Berubah
Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Tegal, Lis Herawati, menyosialisasikan Peraturan KPU(MI/SUPARDJI RASBAN)

KPU Kota Tegal, Jawa Tengah, menggelar sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023 kepada partai politik, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan media di Hotel Premiere Tegal, Selasa (28/3) petang.

Regulasi PKPU tersebut mengatur tentang daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota pada Pemilu 2024.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Tegal, Lis Herawati, menyampaikan jika alokasi kursi anggota DPRD Kota Tegal masih tetap 30 kursi seperti pada Pemilu 2019. Ketetapan itu sudah tercantum dalam keputusan PKPU Nomor 6 Tahun 2023.

Untuk pemilihan DPR-RI Kota Tegal masuk dalam Dapil 9 dan pemilihan DPRD provinsi masuk Dapil 12. "Untuk Dapil DPR RI ada di Jateng 9 dan DPRD provinsi di Jateng 12, dengan daerah yang sama yaitu Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kota Tegal," ujar Lis.

Dia menyebutkan penamaan Dapil DPRD Kota Tegal pada Pemilu 2024 berbeda dengan Pemilu 2019. Penamaan dimulai dari daerah yang menjadi Ibu Kota Tegal, yakni Dapil 1 Kecamatan Tegal Timur sebanyak 9 kursi, Dapil 2 Kecamatan Tegal Selatan sebanyak 7 kursi, Dapil 3 Kecamatan Margadana sebanyak 7 kursi, dan Dapil 4 Kecamatan Tegal Barat sebanyak 7 kursi.

"Setelah sosialisasi ini kami juga akan melakukan evaluasi penataan Dapil di bulan berikutnya," jelas Lis Herawati.

Ketua KPU Kota Tegal, Elvi Yuniarni, menuturkan sosialisasi PKPU bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada partai politik peserta Pemilu, media, dan seluruh elemen masyarakat terkait PKPU Nomor 6 Tahun 2023.

Dia memastikan tidak ada penambahan alokasi kursi untuk anggota DPRD Kota Tegal. "Penambahan kursi ada di DPR RI, semula 575 kursi kini menjadi 580 kursi," jelas Elvi. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat