visitaaponce.com

AKBP Achiruddin Hasibuan Dipecat tidak Hormat dari Kepolisian

AKBP Achiruddin Hasibuan Dipecat tidak Hormat dari Kepolisian
AKB Achiruddin Hasibuanmenuju gedung Bid Propam saat akan menjalani sidang Komisi Kode Etik Polri di Polda Sumatra Utara(Antara)

KEPALA Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak melakukan pemecatan tidak dengan hormat terhadap AKBP Achiruddin Hasibuan. Keputusan ini dilakukan karena AKBP Achiruddin Hasibuan terbukti melanggar kode etik profesi polri sebagaiman hasil sidang kode etik Propam Polda Sumut. 

AKBP Achiruddin Hasibuan terbukti melanggar etika kepribadian, kelembagaan, dan etika kemasyarakatan yang diatur dalam pasal 5,  8, 12, dan 13  Peraturan Kepolisian (PerpoL) Nomor 7 tahun 2022. Tiga etika dilanggarkan sesuai fakta yang dilakukan AKBP Achiruddin Hasibuan mantan Kabag opsnal Ditresnarkoba Polda Sumut tersebut.

"Berdasarkan pertimbangan, komisi sidang sudah memutuskan perilaku melanggar kode etik profesi Polri. Sehingga majelis komisi etik memutuskan untuk dilakukan PTDH," ujar Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak, Selasa (2/5). 

Baca juga : KPK Duga AKBP Achiruddin Palsukan Pelat Nomor Moge Harley Davidson

Sidang kode etik terhadap AKBP Achiruddin digelar sejak pukul 10.00 WIB pagii. Achiruddin. Mengenkan topi serta masker Achiruddin terlihat mengenakan seragam Polisi dengan lambang dua melati di pundaknya, sesuai dengan pangkatnya saat ini, yakni AKBP. 

Baca juga : Tak Terima Dipecat, AKB Achiruddin Ajukan Banding

"Majelis kode etik memutuskan dilakukan PTDH," jelas Panca. 

AKB Achiruddin diseret ke sidang etik karena dinilai melakukan pembiaran terhadap tindakan penganiayaan yang dilakukan putranya pada Desember 2022. Bukan hanya membiarkan, Achiruddin juga melarang orang lain menghentikan penganiayaan tersebut.

Malah dia sempat menyuruh melakukan pengancaman kepada korban penganiayaan dengan senapan laras panjang. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat