visitaaponce.com

Ketahanan Air Nasional Tuntut Keseimbangan Pemanfaatan dan Konservasi

Ketahanan Air Nasional Tuntut Keseimbangan Pemanfaatan dan Konservasi
Ketahanan air yang didukung keterpaduan konservasi sumber daya air merupakan kunci dari pembangunan berkelanjutan.(Dokumentasi pribadi.)

KETAHANAN air yang berkelanjutan harus dimulai dengan perhatian lebih besar dalam pengelolaan sumber-sumber air. Pengelolaan itu menuntut adanya keseimbangan antara pemanfaatan dan konservasi. Ketahanan air yang didukung keterpaduan konservasi sumber daya air merupakan kunci dari pembangunan berkelanjutan.

Itu disampaikan Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) Laksdya TNI Dadi Hartanto, M.Tr (Han) bersama jajarannya saat meninjau Pabrik Aqua Mekarsari, Sukabumi, Jawa Barat, beserta sumber air Kubang pada Kamis (22/6). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka akselerasi penguatan ketahanan air nasional berkelanjutan untuk mendukung perekonomian dan keamanan nasional. 

Dalam kesempatan tersebut, Dadi menjelaskan bahwa Wantannas sebagai representatif dari pemerintah ikut mengupayakan peningkatkan ketahanan air nasional sebagai salah satu prioritas yang perlu dilakukan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi. "Upaya pemanfaatan air memerlukan pengelolaannya tersendiri. Fokus pengelolaan pada tahap ini yaitu menjaga kualitas dan kuantitas air untuk masyarakat, termasuk kegiatan ekonomi. Kekurangan penyediaan pasokan air baku, misalnya, mendorong rumah tangga dan industri untuk menggunakan air baku secara bertanggung jawab . Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan pasokan air baku, kualitas air mutlak untuk dijaga," tambah Dadi.

Baca juga: Separuh Danau dan Waduk Mengering, Miliaran Orang di Dunia Terancam Krisis Air

Government and External Scientific Affairs Director Danone Indonesia Rachmat Hidayat mengatakan pihaknya menyadari bahwa air memainkan peran penting sebagai bahan utama dalam produksi. Sejalan dengan komitmen menyediakan hidrasi yang sehat, perusahaan terus berusaha melindungi dan melakukan inovasi untuk menyeimbangkan kualitas dan kuantitas sumber air melalui strategi utama yaitu dengan memilih sumber air terbaik dan melindungi kemurnian air. Pihaknya juga memiliki berbagai komitmen dalam pengelolaan sumber daya air yang memastikan sumber daya air berkelanjutan bagi lingkungan dapat terjaga dengan baik dan sejalan dengan ketahanan air nasional.

Kunjungan kerja Tim Wantannas juga dihadiri Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri beserta segenap pimpinan daerah baik di Kota Sukabumi maupun Kabupaten Sukabumi. "Pemerintah Kabupaten Sukabumi sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan Tim Wantanas terkait ketahanan air nasional," kata Iyos. Di sisi lain, lanjutnya, pabrik Aqua Mekarsari selama ini melakukan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan, termasuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: Menteri Siti: Kebijakan Sumber Daya Air dan Sumber Daya Lahan Sama Pentingnya 

Kepala Pabrik Aqua Mekarsari Krisvan Sarendeng mengatakan dalam menjalankan proses produksi pihaknya senantiasa menjalankan konsep pabrik yang ramah lingkungan, yaitu menerapkan efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya air secara terpadu di setiap aspek produksi. Tidak hanya bisnis, pihaknya secara aktif menjalankan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan secara berkelanjutan dan melibatkan berbagai pihak, yaitu Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kecamatan Cicurug dan Cidahu, Dinas Lingkungan Hidup, LSM peduli lingkungan, dan masyarakat. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat