visitaaponce.com

Jaga Ekosistem DAS Serayu, PLN Indonesia Power Tebar 100 Ribu Benih Ikan

Jaga Ekosistem DAS Serayu, PLN Indonesia Power Tebar 100 Ribu Benih Ikan
PLN Indonesia Power Mrica PGU menggelar kegiatan sinergi konservasi lingkungan di Dermaga Apung Bendung Gerak Serayu, Banyumas, Jateng.(Ist)

PLN Indonesia Power (PLN IP) Mrica PGU menggelar kegiatan sinergi konservasi lingkungan di Dermaga Apung Bendung Gerak Serayu, Banyumas, Jawa Tengah.

Ini merupakan wujud komitmen korporasi dalam menyelaraskan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

Vice President NRE O&M Planning and Control PLN IP Wasis Jati Waskitho mengatakan kegiatan konservasi PLN IP Mrica PGU juga dilakukan di beberapa PLTA PLN IP yang lain.

Baca juga: Gawat! Daerah Aliran Sungai Kritis di Indonesia Terus Meningkat

"Sebagai bentuk tanggung jawab kami menjadi salah satu pengguna sumber daya air untuk pembangkit energi listrik, kami juga menyumbangkan konservasi ini untuk mendukung kelestarian lingkungan jangka panjang termasuk kelestarian pembangkit kami di PLTA lainnya,” ujar Wasis dalam siaran persnya, Senin (2/10).

Senior Manager PLN IP Mrica PGU Nazrul Very Andhi mengungkapkan kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan keanekaragaman hayati dan ekosistem lingkungan hidup daerah aliran sungai (DAS) Serayu Hilir.

“Kegiatan tebar benih ikan ini sebagai upaya meningkatkan keanekaragaman hayati dan ekosistem lingkungan hidup khususnya di sekitar unit kami yaitu DAS Serayu Hilir. Sebanyak 100 ribu benih ikan kami lepaskan,” ujar Nazrul.

Baca juga: Tebar Benih Ikan, Purwakarta Perkuat Ketahanan Pangan

Di tempat yang sama, Peneliti Pusat Riset Limnologi & Sumber Daya Air BRIN Triyanto mengapresiasi kegiatan PLN IP Mrica PGU dalam program konservasi lingkungan menebar benih ikan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan sangat positif, membantu meningkatkan populasi ikan di sungai Serayu. Mengenai bagaimana berupaya bersama masyarakat menyiapkan program mengkonservasi sumber daya ikan di sungai Serayu dengan berusaha memulihkan ikan-ikan lokal seperti ikan nilem, tawes, dan udang galah,” ujar Triyanto.

Akademisi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed Taufik Budhi Pramono mengatakan program ini sebagai salah satu upaya mencegah kepunahan ikan-ikan asli sungai Serayu yang membutuhkan peran masyarakat sekitar.

Selain komitmen korporasi dalam menjalankan program TJSL, kegiatan ini untuk memperingati HUT ke-36 PLN IP Mrica PGU. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat