visitaaponce.com

Menteri Pertanian Buka Kembali Operasi PG Sindanglaut Cirebon

Menteri Pertanian Buka Kembali Operasi PG Sindanglaut Cirebon
Seorang petani tengah memanen tebu( ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

SETELAH sempat tutup pada 2020 lalu, pabrik gula (PG) Sindanglaut di Kabupaten Cireobn, Jawa Barat, kembali beroperasi, Selasa (11/7).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) membuka dan meninjau langsung proses penggilingan perdana gula konsumsi di pabrik itu.

"Saya atas nama negara meresmikan penggilingan perdana dan memulai kembali hadirnya Pabrik Gula sindanglaut di Cirebon ini untuk mulai beroperasi secara resmi," tutur SYL.

Kehadiran pabrik gula ini juga menjamin hilirisasi produksi petani dalam memperbesar areal lahannya.  Artinya lahan petani bertambah dibarengi dengan  keuntungan atau margin mereka yang juga meningkat.   

"Tebu adalah komoditas pertanian yang sangat strategis dan tebu merupakan bahan baku utama gula. Keberadaan pertanian tebu masih sangat dibutuhkan oleh seluruh rakyat Indonesia, apalagi kita masih defisit 800.000 ton," katanya.

SYL memastikan pemerintah akan hadir melakukan pendampingan kepada petani Indonesia. Di antaranya melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi.

"Negara harus hadir dalam menanam tebu rakyat terutama yang berkaitan dengan lahan petani. Lahan lahan hutan yang sudah tidak produktif agar bisa dikonversikan menjadi lahan kebun dan diberikan kepada rakyat," katanya.

Sementara itu anggota komisi IV DPR RI, Ono Surono yang hadir di lokasi mengaku optimistis Pabrik Gula Sindanglaut akan mewujudkan kemajuan industri gula nasional. Yang diharapkan swasembada gula nasional bisa cepat tercapai.

"Kehadiran pabrik gula juga harus berbasis industri pangan. Jangan dijadikan industri lain," tandasnya. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat