visitaaponce.com

Pemkab Pandeglang Studi Tiru Implementasi KKPD Kota Cilegon

Pemkab Pandeglang Studi Tiru Implementasi KKPD Kota Cilegon
(PEMKOT CILEGON)

LANGKAH inovatif Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mendapatkan pengakuan yang luar biasa saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, Provinsi Banten, melakukan kunjungan studi tiru untuk mempelajari pelaksanaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD), Kamis (24/8).

Keberhasilan Kota Cilegon dalam mengimplementasikan program KKPD dalam kurun waktu 5 bulan (April - Agustus) menjadi sorotan dalam kunjungan Pemkab Pandeglang yang merupakan daerah ke-23 yang lakukan studi tiru ke Kota yang dipimpin oleh Wali Kota Helldy tersebut.

Dalam suasana penuh kolaborasi, Delegasi dari Pemda Kabupaten Pandeglang yang dipimpin oleh Kabid Perbendaharaan dan Kas Daerah, Ibu Eros Rosnawati, bersama timnya, diterima dengan hangat oleh tim Kota Cilegon yang dipimpin oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD), Dana Sujaksani. Juga hadir dalam kesempatan ini adalah tim dari Bank BJB Cabang Cilegon, yang merupakan mitra penting dalam pelaksanaan pembayaran melalui KKPD.

Baca juga: Kota Cilegon Jadi Contoh Suksesnya KKPD bagi Semarang dan Jambi

Dalam diskusi yang penuh antusiasme, Dana Sujaksani menyampaikan, "Kerjasama dalam memahami esensi KKPD menjadi sangat penting, mengingat setiap daerah memiliki tantangan dan ciri khas masing-masing. Pemerintah Kota Cilegon telah menjalin kemitraan yang kuat dengan Pemerintah Pusat (Kemendagri) dan Bank BJB untuk menjalankan KKPD dengan sukses di wilayah ini," ujarnya.

Dana menegaskan, bahwa KKPD di Cilegon berperan sebagai percontohan atau Pilot Project, sejalan dengan arahan dari Kemendagri. "Kami tak hanya akan terus mengawal implementasi KKPD ini, tetapi juga akan terus mengevaluasi kekurangan dan perbaikan yang dapat dilakukan agar program ini semakin efektif dan bermanfaat," ungkapnya.

Dari pihak Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Ibu Eros Rosnawati mengungkapkan apresiasi atas upaya Kota Cilegon dalam mewujudkan KKPD. "Kunjungan kami ke Cilegon memberi kami pelajaran berharga tentang implementasi KKPD, termasuk urutan proses, regulasi, kerjasama dengan pihak bank, mekanisme penatausahaan, hingga pengawasan pengeluaran. Kami bertujuan untuk menerapkan hal serupa di daerah kami secepatnya," katanya.

Baca juga: BI: Kartu Kredit Pemerintah Pakai GPN, bukan Visa dan Mastercard

Keberhasilan Pemerintah Kota Cilegon dalam menerapkan KKPD bukan hanya menjadi kebanggaan bagi daerah ini, tetapi juga memberi inspirasi dan panduan bagi daerah lain untuk melangkah menuju efisiensi dan transparansi keuangan yang lebih baik melalui KKPD. (Adv)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat