visitaaponce.com

USK Kini Memiliki Pusat Bahasa dan Budaya Korea

USK Kini Memiliki Pusat Bahasa dan Budaya Korea
Rektor USK Prof Dr Ir Marwan bersama President of UNJ Lee Chang-hoon serta menabuh drum tangan dalam acara peresmian KSI, Rabu (6/9).(MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE)

UNIVERSITAS Syiah Kuala (USK), Aceh, kini memiliki Pusat Bahasa dan Budaya Korea. Fasilitas bernama King Sejong Institute (KSI) itu bertempat di Sekolah Pascasarjana USK, Darussalam, Banda Aceh, dan diresmikan pada Rabu (6/9).

Rektor USK Prof Dr Ir Marwan berterima kasih kepada Rektor University of the Nations Jeju (UNJ) Lee Chang-hoon telah mendukung keberadaan KSI.

"Pendirian KSI di USK menandai wujud komitmen berkelanjutan kami untuk memupuk keberagaman budaya, mempromosikan pendidikan bahasa, dan memperkuat ikatan persahabatan antara dua negara besar, Indonesia dan Republik Korea (Korsel)," kata Marwan.

Baca juga: Presiden: Republik Korea Mitra Masa Depan ASEAN

Dukungan dan persahabatan antara UNJ dan USK sebenarnya telah terjalin sejak lama dan dimulai pascatsunami pada 2004. Marwan menegaskan bahwa USK bangga bisa terus berkolaborasi dengan UNJ. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Korsel yang telah memilih USK sebagai lokasi berdirinya KSI.

"Kami percaya bahwa KSI akan menjadi jantung pendidikan bahasa Korea di Aceh. Ini dapat menciptakan peluang untuk pertukaran budaya dan saling belajar," tutur Marwan.

Baca juga: Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan Sehari-hari

Sementara Lee menjelaskan berdirinya KSI merupakan suatu kerja sama kongkrit antara USK dan UNJ. 

"Di KSI Banda Aceh ada call center. Selain itu juga diajarkan seni budaya, serta bahasa Korea. Kami mengucapkan selamat kepada kita semua," kata Lee

Lee mengatakan, mempelajari bahasa asing adalah langkah awal untuk menghargai bangsa lain. Ia berharap, dengan hadirnya KSI, dapat menjadi langkah untuk lebih memahami tentang negaranya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat