visitaaponce.com

Sinergi TNI-POLRI untuk Wujudkan Kedamaian di Papua Harus Didukung

Sinergi TNI-POLRI untuk Wujudkan Kedamaian di Papua Harus Didukung
Satgas Pamtas RI-Papua New Guinea (PNG) Yonif Raider 500/Sikatan Kodam V/Brawijaya, bersama masyarakat t membangun jembatan Trans Papua.(Dokumentasi Yonif Raider 500/Sikatan Kodam V/Brawijaya )

MASYARAKAT Papua sejatinya sangat menginginkan kedamaian. Karena hanya begitu masyarakat Papau bisa beraktivitas dan membangun untuk mengejar ketertinggalan. Sayangnya, di beberapa wilayah, kedamaian masih menjadi sesuatu yang mahal lantaran adanya gangguan dari kelompok kriminal bersenjata.

Itu sebabnya masyarat sangat berharap sinergi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bisa membawa kedamaian di seluruh tanah Papua. Jaringan Indonesia Muda (JIM) Papua menilai sinergitas TNI menjadi sinyal positif bagi kedamaian di Papua.

"TNI adalah mitra strategis dan ksatria pelindung rakyat yang diharapkan bisa menjalankan tugas serta bertanggung jawab," ujar Ketua Umum JIM Papua, Paulinus Ohee di sela-sela HUT TNI ke-78 di lapangan Silas Papare, Doyo, Kabupaten Jayapura, Kamis (5/10) lalu.

Baca juga: Perguruan Tinggi di Papua Ingin Maju dan Berkembang

Ia pun mengajak semua elemen masyarakat Papua bersatu untuk membangun Papua. Selain itu ia juga menyerukan agar pihak yang bertikai menghentikan aksi kekerasan bersenjata hanya karena perbedaan keyakinan. "Kami berharap agar orang Papua tidak terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan."

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menyatakan bahwa polisi dan TNI akan senantiasa menjaga sinergisme. Mereka juga akan berupaya untuk terus menjaga kedamaian di Papua.

"Polisi dan TNI adalah pilar dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tegas Kapolda  Mathius D. Fakhiri di Sentani.

Ia menegaskan bahwa polisi dan TNI tidak akan mundur mewujudkan keamanan di tanah Papua. Untuk itu dia mengingatkan agar kehadiran Polri dan TNI di masyarakat tidak dijadikan penyebab ketakutan.

Baca juga: Pemerintah Komit Sejahterakan Masyarakat Papua

Dia mengimbau agar keberadaan dua pilar NKRI ini menjadi teman. Agar dapat berkontribusi bagi menjaga kesinambungan antara pemerintah pusat dan daerah.

"Kita hadir di wilayah Papua untuk memberikan ketenteraman dan menjaga kedamaian bagi masyaraka. Kedamaian) itu harus diupayakan bersama bukan hanya tugas Polri dan TNI saja tetapi semua yang ada  Papua harus punya kerinduan yang sama menjadikan Papua tanah yang damai,” ujarnya. (MS/N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat