visitaaponce.com

Perguruan Tinggi di Papua Ingin Maju dan Berkembang

Perguruan Tinggi di Papua Ingin Maju dan Berkembang
Mahasiswa mengikuti acara Wisuda Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, Kamis (30/11/2017).(ANTARA/INDRAYADI TH)

UNIVERSITAS Cenderawasih (Uncen) Jayapura menginginkan perguruan tinggi yang ada di daerah itu maju dan perkembangan dalam segala sektor pendidikan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)
Papua.

Wakil Rektor I Universitas Cenderawasih Onesimus Sahuleka di Jayapura, Kamis (21/9), seperti dilansir Antara, mengatakan Papua ingin sejajar dengan saudara-saudaranya di Indonesia bagian barat.

"Kami juga ingin duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan universitas-universitas yang ada di luar, sehingga dapat mengejar ketertinggalan dalam segala sektor ilmu pengetahuan," katanya. Menurut Onesimus, kemampuan SDM itu ada, tetapi harus diberikan kesempatan seluas-luasnya kepada perguruan tinggi di Papua, baik dari kerja sama lintas sektor kementerian maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca juga: Prajurit TNI Diminta Jaga Kedamaian dan Ketenangan Masyarakat Papua

"Asalkan (pemerintah pusat) berikan kesempatan kepada kita, dan pasti perguruan tinggi di sini akan menangkap peluang itu sebaik mungkin, sehingga kesetaraan dengan berbagai perguruan tinggi di Tanah Air akan diperoleh," ujarnya.

Onesimus menegaskan Papua adalah bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sehingga jangan dilupakan, tetapi berilah peluang dan kesempatan itu seluas-luasnya.

Baca juga: 8 Politeknik Negeri Indonesia Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Tiongkok

"Universitas maupun sekolah tinggi yang ada di Papua merupakan perguruan tinggi yang ada di ufuk timur Indonesia sehingga berilah peluang itu sebesar-besarnya kepada kami,” katanya. Dia menambahkan perguruan tinggi di Papua bukan ingin meminta tetapi menginginkan perhatian yang sama, seperti mereka yang ada di bagian lain Indonesia.

"Mahasiswa Papua memiliki kemampuan SDM yang sama seperti saudara di luar sana, maka berilah kesempatan itu kepada mereka untuk maju dan berkembang seperti anak-anak lain di ufuk barat," ujarnya. (Z-6)  

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat