visitaaponce.com

Undana Gelar International Education Fair 2024

Undana Gelar International Education Fair 2024
Undana Gelar International Education Fair 2024(Dok. Undana)

UNIVERSITAS Nusa Cendana (Undana) melaksanakan kegiatan International Education Fair Tahun 2024. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2014 dan bertujuan memberikan informasi tentang beasiswa internasional, kampus terbaik di dunia, juga konsultasi pendidikan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Jadi tidak hanya menyampaikan informasi tentang akademik, tetapi juga menampilkan budaya dari Nusa Tenggara Timur.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Sari Angriany Natonis, menyampaikan kegiatan ini sudah berlangsung selama 10 tahun, tetapi baru pertama kali dilaksanakan di luar kampus dengan tujuan supaya dapat menarik banyak peserta dan dapat memperoleh akses informasi pada beasiswa-beasiswa. Kegiatan ini selaras dengan Visi Universitas Nusa Cendana, yaitu Perguruan Tinggi berorientasi global yang mana dapat mempertemukan vendor beasiswa luar negeri, agensi pendidikan, perwakilan universitas asing dengan khalayak masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Luar Negeri.

Baca juga : IIETE 2024 Jadi Pameran Pendidikan Tinggi Terbesar di Indonesia

Kegiatan ini sudah dimulai sejak Tanggal 21 Juni 2024 dengan agenda kegiatan pelaksanaan Toefl dan IELTS Try Out yang diselenggarakan berdasarkan kerjasama antara Undana dengan IELTS Education for Development. Untuk kegiatan TOEFL diikuti oleh 41 orang dan IELTS Try Out diikuti oleh 35 orang.

Lebih lanjut, Sari mengatakan kegiatan International Education Fair diikuti oleh 9 vendor, yaitu LPDP, IALF Education Center, IELF Education For Development, Education Asia Indonesia, Indonesia Britain Education Center, Australia Awards Scholarship, Monash University, Konsulat Jenderal Jepang, Australia Indonesia Association, dan Smart Learning Center.

Dua komunitas peduli pendidikan di NTT yaitu NTT Pintar dan komunitas CSCD yaitu “Children See and Children Do”. Enam UMKM yaitu Lapak Ranu, E-Mart Shoop, Triple Girl, Katarina Tenun Ikat, Smooth Move, dan beberapa UMKM lainnya. Selain itu juga menampilkan tarian tradisional generation etnik, Tari Bali dari sanggar tari giri budaya, komunitas K-Pop Kupang, Rumah Musik Siloam, dan University of Nusa Cendana Band. Kegiatan ini dapat dilaksanakan atas dukungan dari Undana dan sponsorship dari Radio SK FM Kupang, Pegadaian, Rumah Musik Siloam, Telkomsel serta Bank Indonesia, Angello Bakery, Florensia Resto dan Pos Kupang.

Baca juga : Di Career Day MGBK, ATVI Paparkan Transformasi Jadi Institut Media Digital Emtek

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, kerjasama dan Sistem Informasi, Jefri S. Bale, menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong Dies Natalis Undana yang ke 62 Tahun. Saat ini sudah banyak sekali alumni Undana yang sudah bersekolah dan bahkan sudah kembali.

“Kami sangat berterima kasih dengan rekan-rekan vendor dan kita semua yang hadir pada hari ini, bisa mendukung pengembangan SDM anak-anak muda khususnya di NTT untuk memperoleh kesempatan untuk melaksanakan pendidikan di luar negeri dengan dibiayai dan kemudian memiliki wawasan individu yang lebih baik dan juga tidak kalah penting bisa mempelajari hal-hal baik ketika mereka ada di negeri orang lain. Banyak hal baik yang bisa diperoleh di Australia, Malaysia, Jepang, untuk memperkaya bukan saja Hard Skill tetapi pembentukkan karakter melalui Soft Skill juga sama pentingnya,” ujarnya.

“Kita juga dapat mempelajari Society life di Australia, Malaysia dan Jepang untuk membentuk kita menjadi individu yang lebih baik dan berkualitas khususnya anak-anak muda sehingga mereka bisa menjadi bagian dari pembentukan generasi Indonesia di tahun-tahun yang akan datang. Bagi yang ingin melanjutkan studi lanjut program S2 di Undana juga bisa mengikuti program LPDP, tutur beliau,” tambahnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat