visitaaponce.com

MotoGP Mandalika 2023 Dongkrak Sektor Pariwisata NTB

MotoGP Mandalika 2023 Dongkrak Sektor Pariwisata NTB
Asisten 2 Setda Kabupaten Lombok Tengah, H. Lendek Jayadi (dua kanan)(HO)

KEINDAHAN alam yang ditambah keberadaan Pertamina Mandalika International Circuit di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan tempat berlangsungnya MotoGP Indonesia, membuat Mandalika menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) dan menjadi tujuan wisatawan. Dampaknya dapat dirasakan di berbagai sektor salah satunya meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan NTB.

Asisten 2 Setda Kabupaten Lombok Tengah, H. Lendek Jayadi menyampaikan saat ini ada ratusan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sudah berpartisipasi dalam rangkaian MotoGP Indonesia. "UMKM kita di dalam sirkuit ada sekitar 20. Di luar sirkuit, seperti di lokasi Bazaar Mandalika, ada 302 yang selain menjual makanan, tetapi juga menjual berbagai kerajinan seperti anyaman ketak," jelas Lendek saat konferensi pers di Media Center Indonesia Pertamina Mandalika International Circuit, Sabtu (14/10).

Selain itu, para penonton MotoGP Mandalika 2023 juga dapat menikmati berbagai side event yang terbagi menjadi beberapa zona, seperti Zona Merdeka, Zona Bhinneka, Zona Tropika, dan Zona Pusaka. Lendek menambahkan, para pembalap selain membeli produk UMKM, juga langsung mempostingnya di media sosial masing-masing dan menjadi viral.

"Ada 50 UMKM binaan pada gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023. Sebanyak 42 UMKM produk makanan dan minuman, akan meramaikan area booth di Zona Bhinneka (Zona A), yang berdekatan dengan North Tunnel. Sementara, 8 UMKM lainnya akan berada di Zona B, yang menyediakan kerajinan dan cendera mata khas Lombok, bersama dengan UMKM dari penjuru Nusantara," jelas Lendek.

Lebih jauh, Lendek mengatakan destinasi wisata di NTB telah siap menyambut para wisatawan. Menurutnya, wisatawan, lokal maupun mancanegara, kini tidak hanya bisa menikmati suasana balapan, tetapi juga berbagai keindahan alam hingga makanan khas, termasuk tujuh desa wisata di lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dengan berbagai atraksi budaya.

Sementara itu, Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut keberadaan ragam kuliner hingga kriya khas NTB, membuat pariwisata NTB, termasuk Lombok dan sekitarnya kian terkenal. "Lombok menjadi destinasi wisata super prioritas yang luar biasa. Event MotoGP ini membuat ekonomi masyarakat meningkat, juga merupakan momentum keramahtamahan Indonesia dikenal dunia," jelasnya. (RO/R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat