visitaaponce.com

Mentan Pastikan Kemudahan Pupuk untuk Petani

Mentan Pastikan Kemudahan Pupuk untuk Petani
Andi Amran Sulaiman memastikan kemudahan memperoleh pupuk bersubsidi bagi semua petani termasuk di Provinsi Kalimantan Selatan.(MI/Dwi )

MENTERI Pertanian, Andi Amran Sulaiman memastikan kemudahan memperoleh pupuk bersubsidi bagi semua petani termasuk di Provinsi Kalimantan Selatan. Pasalnya distribusi pupuk subsidi di Kalsel dinilai cukup lancar.

"Pemerintah memastikan semua petani bisa memperoleh pupuk subsidi. Jika tidak mendapatkan pupuk cukup dengan KTP, yang penting masuk kelompok tani. Petani berhak mendapatkan pupuk," tegas Andi Amran, usai meninjau lahan rawa tadah hujan dan berdialog dengan petani di Desa Padang, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut, kemarin.

Dikatakan Andi Amran pemerintah telah menyederhanakan regulasi untuk petani agar mendapatkan pupuk subsidi. Bagi petani yang tidak memiliki kartu tani tetap bisa mendapatkan pupuk subsidi dengan modal KTP. Dirinya juga memastikan dengan kebijakan baru pemerintah, semua petani akan mudah mendapatkan pupuk.

Baca juga: Mentan Amran Siap Pacu Produksi di Kalsel dengan Optimasi Lahan Rawa

Amran juga memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi Kalsel dan jajarannya terkait lancarnya distribusi pupuk subsidi di wilayah tersebut. Terkait dugaan adanya peredaran pupuk palsu yang dilaporkan sejumlah petani, Amran menegaskan akan menindak tegas jika ditemukan bukti.

Berdasarkan data PT Pupuk Indonesia wilayah Kalsel, realisasi serapan pupuk subsidi di Kalsel hingga pekan kedua November 2023 untuk jenis Urea 21.464 ton dari alokasi 58.600 ton. Realisasi serapan NPK 30.767 ton dari alokasi 52.744 ton.

Baca juga: Kebut Realisasi Optimalisasi Padi Rawa, Mentan Amran Langsung Koordinasi di Sumsel

Gubernur Kalsel Sahbirin kembali menyatakan komitmen pihaknya untuk meningkatkan produksi dan menjaga ketahanan pangan di daerah, sekaligus upaya Kalsel menjadi penyangga pangan nasional khususnya untuk IKN Nusantara.

Kunjungan kerja Mentan Andi Amran Sulaiman di Kalsel, Jumat (17/11) dijadwalkan akan menghadiri kegiatan rapat koordinasi upaya khusus (UPSUS) Akselerasi Produksi Padi dan Jagung di Lahan Sawah dan Optimasi Rawa Mineral Kalimantan Selatan 2023-2024 yang diikuti para kepala daerah di Kalsel. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat