visitaaponce.com

Libur Nataru, Pemkot Yogyakarta Siapkan Layanan hingga Jaminan Kesehatan

Libur Nataru, Pemkot Yogyakarta Siapkan Layanan hingga Jaminan Kesehatan
Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Waryono(Medcom.id/Mustaqim)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Yogyakarta menyiapkan layanan hingga jaminan kesehatan jelang momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Posko kesehatan disiapkan untuk antisipasi persoalan kesehatan, termasuk covid-19. 

"Layanan Posko Nataru untuk kesehatan kami siapkan di wilayah Tugu, Malioboro, dan Kraton," kata Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Waryono pada Kamis, (14/12). 

Ia mengatakan pembuatan posko tersebut disiapkan bekerja sama dengan beberapa rumah sakit. Selain itu, juga disiagakan mobil ambulans dan jaminan kesehatan.

Baca juga : Penghentian Sementara Tilang Selama Nataru, Sahroni: Kebijakan Bagus!

"Kami akan meng-cover (biaya) kesehatan untuk 24 jam pertama melalui jaminan kesehatan daerah bagi pasien yang belum memiliki jaminan kesehatan," kata dia. 

Baca juga : Polresta Bandung Waspadai Pergerakan Kendaraan di Jalur Nagreg

Ia menyebut sampai saat ini belum ada laporan kasus baru covid-19 di Kota Yogyakarta. Meski demikian, fasilitas kesehatan sampai rumah sakit telah disiapkan semua. 

"Kami juga ada tambahan 2 rumah sakit yang siap melakukan swab mandiri," katanya. 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharja mengatakan jajarannya menyiapkan Yogyakarta Emergency Service bersama rumah sakit-rumah sakit. Menurutnya, antisipasi covid-19 saat ini tak perlu dilakukan dengan panik.  

"Apalagi masyarakat sudah vaksin, bahkan booster pertama dan booster kedua," kata dia. 

Ia menegaskan masyarakat maupun wisatawan hanya perlu menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Bila diperlukan, masyarakat bisa pakai masker saat beraktivitas. 

"Masker bukan hal mewah tapi suatu kebutuhan. Bukan hal aneh kalau dulu pakai masker, lepas, pakai masker lagi," ujarnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat