visitaaponce.com

Presiden Jokowi Ikut Kemeriahan Extra Vaganza Menyambut Tahun Baru di Solo

Presiden Jokowi Ikut Kemeriahan Extra Vaganza Menyambut Tahun Baru di Solo
Presiden Jokowi ikut dalan kemeriahan Car Free Night untuk menyambut tahun baru 2024 di Kota Solo.(MI/Widjajadi )

PUNCAK kemeriahan pergantian tahun di Solo, Jawa Tengah, dimeriahkan dengan pesta kembang api. Meski sempat diguyur hujat, puluhan ribu warga tumpah ruah di kawasan depan pusat pemerintahan kota hingga depan Pasar Gede, menyambut dengan suka cita.

"Ya puji Tuhan, akhirnya hujan reda. Masyarakat secara bertahap memenuhi sejumlah panggung terbuka mulai pukul 21.00. Kuliner yang dipersiapkan di city walk, sisi selatan Slamet Riyadi juga mulai dipenuhi warga yang ingin merayakan pergantian tahun sambil ngemil," tukas Herwin Tri Nugroho, pejabat Pemkot di depan Loji Gandrung yang mulai dipenuhi lautan manusia.

Banyak pedagang menjajakan tikar plastik dan juga terompet. Anak anak kecil berlarian di tengah kemeriahan yang tergelar di sepanjang protokol Slamet Riyadi, dengan membunyikan terompet kertas. Ada juga yang bermain sepatu roda, ada kawula muda yang jingkrak mendengarkan musik rock depat Loji Gandrung, rumah dinas Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Kaesang Respons Spanduk Solo Bukan Gibran

Di kawasan pasar seni Ngarsopura yang tersambung dengan Koridor Gatsu (Gatot Subroto) sebagai pusat seniman jalanan berkreasi karya seni, juga dijejali lautan manusia. Di tengah keramaian tampak Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarga yang sedang liburan akhir tahun,juga merayakan pergantian tahun di ajang CFN.

Pantauan Media Indonesia, Jokowi dengan mengenakan jaket hitam turun di koridor Gatsu yang didesain ala Malioboro Yogyakarta. Ia berjalan santai menuju Ngarsopura sekitar pukul 22.15 WIB. Kepala Negara sesekali melayani foto bersama warga Solo yang berjibun di sepanjang Gatsu hingga Ngarsopura.

Baca juga: Bima Arya Apresiasi Masyarakat Perayaan Tahun Baru di Bogor Aman

Di tengah menikmati CFN dalam rangka pergantian tahun itu, Jokowi membagikan kaos pada warga yang sedang melihat stand Night Market. Sedang Wali Kota Gibran di tempat terpisah, bersama istri membagi bagikan buku dan memborong es teh untuk warga yang merayakan tahun baru di protokol Slamet Royadi.

Gibran berjalan kaki dari Loji Gandrung berjalan kaki mendekat kawasan Ngarsopuro. Sempat berpapasan dengan Jokowi, namun tidak saling menyapa, namun menyempatkan foto bersama warga. "Ya luar biasa (antusias masyarakat di CFN). Silahkan menikmati hidangan kulinernya. Selamat tahun baru 2024," pungkasnya. 
  
Sementara itu bersamaan dengan bunyi lonceng Gereja Purbayan yang bersebelahan dengan Balaikota, pesta kembang api dimulai. Ribuan warga yang berjubel pun berteriak kegirangan, dengan aneka warna kembang api yang meluncur ke udara selama 12 menit.

"Selamat tahun baru 2024, semoga warga Kota Solo makin sejahtera ke depan. Ini sungguh perayaan luar biasa. Saya tidak menyangka, lautan manusia, mungkin puluhan ribu ya, kalau melihat koridor Jendral Sudirman hingga Pasar Gede begitu penuh sesak warga. Sungguh diluar ekspektasi, sebab sejak siang hingga sebelum dimukai CFN, hujan deras melanda Solo," tegas Wawali Teguh Prakosa yang memimpin pesta kembang api di halaman Balaikota. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat