visitaaponce.com

Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser Gaungkan HPKN

Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser Gaungkan HPKN
Konser Yogyakarta Royal Orchestra(Antara)

KONSER Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) dalam rangka menggaungkan peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) berlangsung meriah dan megah di Aula Simfonia Jakarta, 1-2 Maret 2024.

Hadir sejumlah tamu dari kementerian, kedutaan besar negara sahabat dan korps diplomatik, pejabat pemerintah pusat dan Pemprov DI Yogyakarta, serta perwakilan masyarakat DI Yogyakarta dan mitra dari Keraton Yogyakarta.

Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur DI Yogyakarta turut menyaksikan langsung penampilan YRO dan memberikan opening remarks pada hari pertama konser YRO digelar.

Baca juga : Fryda Luncurkan Doa untuk Negeri Karya Erros Djarot

Dalam sambutannya, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan konser itu menjadi konser kedua YRO dan konser perdana di ibukota yang terbuka untuk umum.

Konser ini bertujuan merayakan dan menggaungkan HPKN lebih luas di Tanah Air pasca ditetapkannya peristiwa Serangan Umum 1 Maret sebagai Hari Besar nasional melalui Keppres Nomor 2 Tahun 2022. Ia berharap musik bisa menjadi inspirasi dan refleksi dalam membangun Indonesia ke depannya.

"Semoga kita bisa memaknai setiap alunan nada sebagai penggugah persatuan serta inspirasi untuk membangun dan memajukan Indonesia," kata Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Baca juga : Purwa Caraka Youth Orchestra Sukses Gelar Vaganza Orkestra di Pos Bloc Jakarta

Orkestra Kagungan Dalem Keraton Yogyakarta di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa itu menghadirkan 10 repertoar lagu perjuangan nasional dan lagu daerah.

Konser berdurasi total 1,5 jam itu menghadirkan pengalaman menyelami perjuangan para pahlawan dalam menegakkan kedaulatan RI melalui musik sekaligus mengajak penonton merasakan nuansa Jawa, khususnya DI Yogyakarta di Jakarta.

Konser ini dibuka dengan lagu Himne Serangan Umum 1 Maret 1949 dan ditutup dengan Sepasang Mata Bola.

Baca juga : Ribuan Tiket “The Legends 9” Ludes, TRUST: Minat Publik pada Orkestra Sangat Tinggi

Salah satu yang menyita perhatian adalah ketika lagu Indonesia Pusaka dimainkan, YRO menampilkan Raden Dwityatama Darmasakti sebagai solo cello dalam lagu tersebut.

Selain konser, peringatan HPKN juga menampilkan pameran karya Jayapatra: Langkah Jogja Bagi Bangsa yang terbuka untuk umum. Pameran ini menyajikan rentetan singkat dedikasi Yogyakarta untuk Indonesia.

"Untuk pameran dibuka selama dua hari. Pada hari pertama untuk tamu undangan, dan hari kedua untuk umum. Bukan hanya pemegang tiket konser, di hari kedua semua yang ingin menyaksikan Pameran Jayapatra bisa hadir di Aula Simfonia Jakarta," ungkap Gusti Kanjeng Ratu Bendara, anak Sri Sultan selaku penanggung jawab pameran. (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat